Tim Gugus Tugas Covid-19 Bolmut, Action Pemeriksaan di Perbatasan

BOLMUT, manadozone.com — Sebagai bukti keseriusan, guna mencegah terjadinya penyebaran Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Tim Gugus tugas, langsung tampil, action lakukan pemeriksaan di wilayah pintu perbatasan.

Hal itu disampaikan Dinas Kesehatan, melalui Kepala Bidang Kesmas, Ali Dumbela MKes. Dengan mengatakan saat ini penjagaan dilakukan oleh Gugus Tugas CovId-19 untuk Pencegahan, Pengendalian,penyebaran Virus Corona.

“Mulai hari ini kita akan Aktion, di posko perbatasan Pinogaluman Gorut dan Sangkub Bolmong. Kami akan melakukan skrining atau pemeriksaan di setiap jalur perbatasan untuk antisipasi masuk dan menyebarnya Covid-19,” kata Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Bolmut Ali Dumbela M.Kes

Baca juga:   Dipimpin Presiden Jokowi, Secara Virtual, Kapolres Tomohon,Walikota dan Wawali Tomohon Ikuti Upacara HUT Bhayangkara Ke-76

Lanjut Ali Dumbela, MKes., untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19, Pemda Bolmut melalui Dinas Kesehatan, telah mendirikan sebanyak 2 Posko Satgas. Guna mendeteksi dini sebelum masuk ke Kabupaten Juara.

“Saat ini ada 2 (Dua) titik posko skrining yang didirikan yakni di Kecamatan Pinogaluman dan Kecamatan Sangkub. Itu merupakan titik vital keluar masuknya masyarakat di Kabupaten Juara ini,” tambah Dumbela

Bahkan lanjut Dumbela, yang bertindak selaku penanggung Jawab Posko Satgas Covid-19, itu adalah Sekretrais daerah (Sekda) DR Drs Asripan Nani M.Si, yang selalu turun meninjau langsung perkembangan lapangan.

Baca juga:   Pelantikan Pengurus Dekranasda Kota Tomohon Periode 2021-2024

“Saat meninjau perbatasan, penanggung jawab posko satgas Covid-19, menyampaikan untuk Pelaksanaan akan melibatkan banyak pihak, dari Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Damkar, BPBD, Dinas Perhubungan, TNI, serta pihak kepolisian,” tambahnya lagi.

Langkah awal pencegahan yang dilakukan adalah dengan Teknis skrining yang dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh, serta menanyakan riwayat perjalanan orang yang diperiksa.

Bahkan jika dalam pemeriksaan didapati ada seseorang memiliki suhu tubuh yang tinggi, dikatakan Sekda Bolmut, yang juga selaku Penanggung Jawab Posko Satgas Covid-19, maka tim Satgas akan menahan sementara orang tersebut selama satu jam untuk observasi

Baca juga:   Upacara HUT Ke-16 Tomohon, Walikota Eman Ajak Jadikan Kota Tomohon Aman dan Nyaman

“Dan kita lihat perkembangan suhu badannya, Apakah turun atau tidak selama satu jam itu. Kalau tidak turun, ya, terpaksa kita tahan, akan diobati,” terang, Dr Arsipan Nani, MSi, Sekda Bolmut.

(PtB)

Advetorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *