‘Pemasyarakaran Bersih-Bersih’ Sisir Rutan Manado Libatkan Aparat Gabungan, Geledah Semua Blok Hunian

Manadozone || Manado – Aparat Tim Gabungan yang melibatkan jajaran penegak hukum di Sulawesi Utara, dengan Rutan Manado sebagai tuan rumah, Rabu malam (20/04) melakukan aksi bertajuk ‘Pemasyarakatan Bersih-Bersih’ di kamar dan blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan di Rutan yang berada di bilangan Malendeng, Paal II, Manado, Sulawesi Utara itu.

Dengan menggandeng Kanwil Kemenkumham Sulut, BNNP Sulut, aparat Kodim dan Polres Manado berhasil mengamankan berbagai barang terlarang yang diharamkan beredar di areal Rutan. Sedangkan pengawasan melekat yang terus dilakukan Ka Rutan Manado Yusep Antonius dan jajaran, tidak ditemukan adanya peredaran Narkoba dan telah dibuktikan dengan pelaksanaan test urine yang hasilnya semua negatif.

 

Kakanwil Kemenkumham Sulut, Haris Sukamto memimpin langsung pelaksanaan ‘Pemasyarakatan Bersih-Bersih’ dalam rangkaian menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 tahun 2022, juga sebagai upaya deteksi dini gangguan Kamtib serta komitmen penuh terkait Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Baca juga:   Pemkot Tomohon Menggelar Dialog Bersama Forum Pemuda Lintas Agama

Dalam hajatan tersebut, Haris Sukamto didampingi Kepala BNNP Sulut, Brigjen. Pol. Drs. Victor Joubert Lasut, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulut Kusnali, Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado, Yusep Antonius, Kepala Kepolisian Sektor Tombulu, Iptu Abdon Pongoh dan Letda (Inf) Apun.

Momentum bersih-bersih di Rutan Manado melibatkan Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) Divisi Pas Sulut, Badan Narkotika Nasional (BNN) Propinsi Sulawesi, BNN Kota Manado, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1309/Manado dan Komando Rayon Militer (Koramil) 1309-02 WTPM, Personil dari Kepolisian Resort Kota (Polresta) Manado dan Kepolisian Sektor Tombulu, serta jajaran Rutan Manado yang turun full team.
Sebelum bersih-bersih digelar, terlebih dahulu dilaksanakan apel bersama seluruh personil yang hadir, bertempat di halaman depan Rutan Manado, dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Sulut, Haris Sukamto.

Baca juga:   Pelayanan SIM Satlantas Polres Tomohon diapresiasi Warga

 

Pada kesempatan itu, Kakanwil mengingatkan kepada seluruh Jajaran yang terlibat untuk harus santun dan sopan kepada Warga Binaan serta tetap waspada dalam pelaksanaan kegiatan. Selanjutnya personil yang sudah di bagi tugas langsung bergerak menuju ke kamar dan Blok Hunian WBP untuk melaksanakan penggeledahan. tidak hanya di laksanakan penggeledahan, namun juga tes urin bagi WBP Rutan Manado. ‘’Dari Sidak hari ini tidak ada barang serius yang kami temukan seperti narkoba, ponsel, sajam. namun ada beberapa barang terlarang yang di gunakan dalam Rutan, seperti beberapa logan (sendok dan penggaris besi), kabel, gunting, kartu permainan, dan lainnya, kami berkomitmen bahwa Lapas/Rutan harus bersinar (Bersih dari Narkoba-red),” tegas kakanwil kemenkumham Sulut, Haris Sukamto dalam jumpa pers usai bersih-bersih di Aula Rutan.
Sedangkan Kepala BNNP Sulut, Victor Joubert Lasut menambahkan tidak di temukan barang-barang yang mengarah ke penggunaan narkoba dan untuk tes urine hasilnya semua negatif.

Baca juga:   Walikota Eman Melepas Sekaligus Turut Serta pada Jalan Sehat HUT Ke-45 PPNI Kota Tomohon

Tidak lupa, Kakanwil Kemenkumham Sulut juga mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dapat bekerjasama dengan baik sehingga kegiatan Pemasyarakatan Bersih-Bersih ini dapat terlaksana dengan tidak kurang satu apapun. ‘’Marilah kita selalu bersinergi untuk membangun Sulawesi Utara yang Bersih dari Narkoba,’’ ajak Haris Sukamto yang belum sebulan menjadi orang nomor satu di jajaran Kemenkumham Sulut itu.(jpm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *