Kejuaraan Sepakbola Liga Desa Nusantara 2019 Dimulai

Manadozone || Liga Desa Nusantara (LDN) 2019 di Kabupaten Minahasa resmi bergulir, menyusul dibukanya secara resmi kegiatan tersebut oleh Direktur Jenderal Pembangunan Masyarakat Desa Tertinggal dan Transmigrasi Kementrian Desa Ivan Rangkuti, Selasa (16/07) sore, di Lapangan Kuntung Desa Kolongan Atas Kecamatan Sonder.

Acara pembukaan ini diawali laporan kegiatan oleh Ketua Panitia Pertandingan Kabupaten Minahasa Ram Makagiansar Lapian, yang juga adalah Hukum Tua Desa Kolongan Atas Sonder.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Minahasa Drs Christian V Tanor SPi dalam sambutannya mewakili Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi mengatakan, LDN merupakan program unggulan Kementrian Desa, untuk menjawab tantangan Presiden Repoblik Indonesia Ir Joko Widodo, dalam membangun Desa melalui olahraga.

Baca juga:   ROR Wakili Indonesia di Webinar Kepala Daerah Pesisir Dunia

“Ini seiring dengan visi misi Pemerintah Pusat, Pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa. Dengan harapan, kegiatan ini akan melahirkan bibit-bibit unggul di bidang olahraga sepak bola,” ujar Tanor.

Sementara, Direktur Jenderal Pembangunan Masyarakat Desa Tertinggal dan Transmigrasi Kementrian Desa Ivan Rangkuti mengatakan, kegiatan ini adalah program unggulan untuk menggali masyarakat Desa khususnya usia 19 tahun dan tingkatkan Perekonomian Desa.

“Pembangunan di Desa tidak dibatasi hanya pada pembagunan infrastruktur fisik saja. Pembangunan non fisik juga harus dibangun, salah satunya adalah melalui olahraga. Nah, kali ini kita Kementrian Desa kerja sama dengan Kemenpora terkait pemanfaatan Dana Desa untuk gelaran LDN. Dimana kegiatan ini sudah 3 tahun dan diikuti 1.500 Desa. Harapannya tentu melalui olahraga sepakbola masyarakat akan meningkatkatkan mutu dengan melahirkan atlit-atlit berbakat dibidangnya,” kata Rangkuti.

Baca juga:   Bupati Bolmong Ingatkan Masyarakat Gunakan Hak Pilih Juga Hindari Provokasi

Dirinya juga berharap, Minahasa dapat berkompetisi hingga ke level Provinsi maupun level Nasional. “Diharapkan semua Desa bisa ikut dengan mempergunakan Dana Desa. Diharapkan nanti ada dari Minahasa yang akan bertanding di level Provinsi dan naik ke Nasional,” tukasnya sembari mohon ada komitmen dari Pemkab Minahasa untuk suksesnya LDN ini.

Senjutnya dilakukan penendangan bola pertama oleh Ditjen Ivan Rangkuti, Kepala Dispora Christian V Tanor dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Djefry Sumendap Sajow SH.

Adapun pertandingan perdana mempertemukan kesebelasan Desa Tateli Tiga Kecamatan Tombariri dan Desa Sawangan Kecamatan Tombulu, yang berakhir dengan skor 0-0. Pertandingan ini turut disaksikan, Camat Sonder Drs Roldy Mewoh dan para Hukum Tua.

(ToarS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *