Bawaslu Bolmong Lantik 198 Pengawas Kelurahan dan Desa

MANADOZONE.COM || Bolmong — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) minggu (02/06/2024) melantik dan mengambil sumpah Pengawas Kelurahan Desa (PKD)

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji, kepada 198 Pengawas Kelurahan Desa (PKD) se Kabupaten Bolaang Mongondow, itu dilaksanakan di Ballroom Hotel Sutanraja, Kotamobagu.

Sebelum dilantik dan diambil sumpah janji ke Pengawas Kelurahan Desa (PKD) terlebih dahulu Sekretaris Bawaslu Bolmong, Wahyudi Rauf, SHut., membacakan Surat Keputusan, dan nama-nama yang akan dilantik melalui 15 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam)

Asisten I Deker Rompas mewakili Penjabat Bupati Bolmong, dr Jusnan Calamento Mokoginta, M.A.R.S., dalam sambutan terlebih dahulu menyampaikan selamat kepada PKD yang telah dilantik.

Baca juga:   Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Rutan Manado Kembali Gelar Sidak

“Pengawas Kelurahan dan Desa, ini sebagai pengawal demokrasi. Dan akan bekerja mempersiapkan dan mengawal terus pengawasan tahapan pemilihan gubernur dan waktu Gubernur Sulawesi Utara serta kemudian bupati dan wakil bupati bolaang mongondow tahun 2004, secara demokratis di tingkat Kelurahan dan desa,” ucap Deker Rompas.

Sebab dikatakan Deker, hal itu sebagaimana penyelenggaraan pemilihan yang diamanatkan dalam undang-undang.

“Selaku pemerintah daerah, berharap kepada anggota Panwaslu Kelurahan dan desa agar dapat bekerja dengan sebaik-baiknya,” tambah Deker.

Begitu pun disampaikan Ketua Bawaslu Bolaang Mongondow, Radikal Mokodompit, SE. Dengan mengatakan, pelantikan PKD ini dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Tahun 2024 secara serentak.

Baca juga:   ROR-RD Terima Kunjungan Pjs Gubernur Sulut

“PKD adalah ujung tombak dari Bawaslu yang ada di tingkat desa dan kelurahan masing-masing pengawas,” kata Radikal.

Radikal mengingatkan, para PKD yang sudah dilantik, untuk berkoordinasi dengan stackeholder di kelurahan atau desa masing-masing.

“Upayakan pencegahan pelanggaran dalam setiap tahapan Pemilihan 2024 ini dengan melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan semuah pihak,” kata Radikal.

Selain itu lanjut Radikal, mengatakan para anggota PKD segera menyesuaikan dan mempelajari regulasi Pilkada.

“Jaga prinsip sebagai penyelenggara pemilihan, dengan profesional dan integritas,” pungkas Radikal.

Hadir dalam kegiatan tetsebut, Selain Ketua Bawaslu Bolmong, nampak juga para pimpinan Bawaslu, Akim E. Mokoagow, SIP., Neilla Montolalu, Amd.S., Asisten 1 Sekda Bolmong, Deker Rompas., Ketua KPU Bolmong, Afif Zuhri, Kapolres Bolmong, Arianto Salkery, SH., MH., para Kapolsek, Para Danramil, para Camat serta para staf jajaran Komisioner Bawaslu

Baca juga:   Businnes Gatering, Eman Berharap Tempat Tempat Wisata Lebih Dikenal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *