Dihadiri Wagub Kandouw, DPRD Kota Tomohon Gelar Rapat Paripurna Dalam Rangka HUT Kota Tomohon Ke-20

Manadozone||Tomohon -Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Tomohon yang ke 20. tahun 2023. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon, menggelar. Rapat Paripurna Istimewa. dipimpin langsung Ketua DPRD Djemmy Jerry Sundah,SE. Jumad. (27/01/2023).

Rapat Paripurna ini, dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw, kesempatan tersebut dalam sambutannya, mengajak melalui ulang tahun yang ke-20 kota tomohon, untuk instropeksi,evaluasi tentang capaian-capain kita selama 20 tahun ini.

Dijelaskan Kandouw, biasanya yang dipakai untuk sukses tidaknya suatu pembangunan adalah IPM Indeks pembangunan Manusia, IPM ini 3 dimensi yaitu dimensi Kesehatan/umur panjang, Dimensi pendidikan,Dimensi layak Hidup.
catatan BPS dari 15 kabupaten kota yang ada di Sulut, Tomohon IPMnya Nomor dua terbaik.

“Mari kita semua bangun Kota Tomohon ini, tahun depan harus lebih bagus dari tahun ini.
tingkat harapan hidup Kota Tomohon paling Tinggi di Sulawesi Utara”. Ujar Kandouw.

Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengucapkan Selamat Merayakan Ulang Tahun Kota Tomohon ke-20 tahun. Tutur Kandouw.

Sementara, dalam Sambutan Walikota Tomohon, dikatakan  Caroll Joram Azarias Senduk, Pemerintah kota Tomohon berterima kasih serta memberikan apresiasi kepada masyarakat Kota Tomohon karena telah berkontribusi, memberikan peran aktif dan dukungan dalam menyukseskan program-program Kota Tomohon, sehingga mampu mencapai keberhasilan.

Baca juga:   Ini yang Dikatakan ROR Kepada Petani Kelelondey Langowan saat Adakan Demo

Dijelasjannya, program dan keberhasilan kota tomohon, ntara lain di bidang kesehatan, kecakupan tertinggi vaksinasi Covid-19 tertinggi kelompok Lansia dan kelompok usia anak, Pencapaian Universal health Coverage tertinggi serta keberhasilan Rumah Sakit Umum Daerah teradkreditasi sempurna.

Juga perlu diketahui bahwa untuk masyarakat Kota Tomohon diberikan pelayanan kesehatan gratis,
melalui program-program Jaminan persalinan (jampersal),BPJS Kesehatan maupun melalui fasilitas Kesehatan lainnya.

“Dibidang pendidikan semakin maju dan berdaya saing yang didukung program sekolah penggerak dan tersedianya guru penggerak,
pelatih ahli, fasilitator dan pengajar praktik sebagai motor terjadinya tranformasi Pendidikan.

Selain itu pertasi bidang akademi dan non-akademi serta adanya prestasi 5 guru yang di undang ke Australia dalam program BRIDGE Australia- Indonesian School Partnerships,
serta 5 siswa yang menjadi lulusan Nasional di ajang Gala siswa Indonesia.

Di tahun 2022 juga ada 16 siswa asal Tomohon yang mengikuti Program Beasiswa Teacher College, kerjasama antara Pemerintah Kota Tomohon dan Universital Pelita Harapan Jakarta.
Hal ini menunjukan peningkatan Sumber Daya Manusia yang semakin baik, di bidang pariwisata suksesnya gelaran Tomohon International Flower Festival dan pembangunan objek wisata baru seperti Tekaan Telu, Batu lapis Tambulinas dan Air Panas Lahendong.
semakin mewujudkan upaya kita dalam mewujudkan Tomohon sebagai Wisata Dunia, hal ini di dukung juga dengan keberhasilan di bidang Pertanian.

Baca juga:   Usai Dilantik Wlikota-Wakil Walikota CSWL Mengikuti Rapat Paripurna DPRD Serah Terima Jabatan di ABI Tomohon

Diharapkan kedepan dapat terus berlanjut kemajuan dan keberhasilan pada bidang-bidang tersebut juga
diikuti dengan keberhasilan dalam engelolaan Keuangan Daerah yang meraih opini wajar tanpa pengecualian 9 kali berturut-turut,
terbaik kedua tingkat Kota se-Indonesia untuk kategori realisasi PRD tertinggi dan realisasi belanja tertinggi tingkat Kota se-Indonesia.

Sebagai bentuk perhatian Pemerintah terhadap maysarakat sepanjang tahun 2022 telah di realisasikan bantuan-bantuan sosial seperti pemberian Insentif kepada lansia,
santunan duka, pemberian Insentif kepada tokoh Agama, bantuan sosial kepada para penyandang disabilitas, korban bencana, 200 siswa miskin, 800 tukang ojek, 2000 pelaku OMKM.

Pada Tahun 2022 Pemerintah Kota Tomohon telah menyelesaikan Pembangunan Michi No Eki atau Stasiun tepi jalan, kerjasama antara Pemerintah Kota Tomohon dengan Pemerintah Kota Minamiboso jepang dan JICA.

Segala keberhasilan dari Pemerintah kota Tomohon karena sinergitas dan dukungan penuh dari Pemerintah Sulawesi Utara. Karena itu kami atas nama Pemerintah kota Tomohon dan masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Sulawesi utara dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Baca juga:   Walikota Eman Hadiri Rapat Paripurna Pemandangan Fraksi Ranperda Perubahan Perda Nomor 6 Tahun 2016

Selaku Pemerintah Kami mengajak seluruh Masyarakat Kota Tomohon marilah kita bersama-sama bergandeng tangan dalam menyukseskan Program-program di tahun 2023 ini”. Kata Senduk.

 

“Selamat Hari Jadi Kota Tomohon ke-20 untuk seluruh Masyarakat Kota Tomohon”. Ungkap Senduk.

 

Rapat Paripurna, dihadiri juga oleh Ibu Pdt.Meske G Lomboan,Sekretaris TP-PKK Prov Sulut Dr. Kartika Kandouw- Tanos, PROKOMPIMDA Sulut, Pangdam 13 Merdeka Theo Kawatu, Kepala Kejaksaan Tinggi Prov. Sulut diwakili oleh berty wongkar, Danrem 131 Santiago
diwakili oleh Pasiwanmil korem 131 Fersius Wangka, Anggota DPRD prov.Sulut Vonny Paat, Herol Kaawoan, BIN Prov.Sulut Ahmad Firgaus, Jajaran Pemkot Prov.Sulut,mewakili kepala Daerah se-Sulut,Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut,SE.,
Wakil ketua DPRD Kota Tomohon Drs.Jhonny Runtuwene, Erens Kereh,AMKL., seluruh anggota DPRD Kota Tomohon, unsur FORKOPIMDA Kota Tomohon, Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng, Sekretaris TP-PKK Elenora Lumentut- Sangi, Ketua DWP Tirsa Roring- Rawung, para pejuang pembentukan Kota Tomohon,Komisioner KPU,Bawaslu, Para mantan Walikota,Wakil walikota,Tokoh Masyarakat, Tokoh-tokoh Agama,pimpinan politik,pimpinan perbankan,Jajaran Pemkot Tomohon dan insan pers, serta undangan yang hadir.

(J/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *