by

Penjabup Limi Mokodompit Hadiri Pelantikan PPS Pemilu Tahun 2024

MANADOZONE.COM, BOLMONG — Penjabat Bupati (Penjabup) Kabupaten Bolaang Mongondow, Ir. Limi Mokodompit, M.M, selasa (24/01/2023) sekitar pukul 12.30 wita menghadiri pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Kegiatan Pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) PPS Pemilu Tahun 2024, itu dilaksanakan di Gedung Bagasraya, SMK Yadika, Desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong)

Pelantikan PPS Pemilu Tahun 2024, itu dilaksanakan berdasarkan dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolmong, Nomor 23 Tahun 2023 Tentang Penetapan dan Pengangkatan PPS.

Dalam keputusan tersebut, menyatakan bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 15 Ayat (1) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota.

Sehingga dalam surat keputusan itu menyatatakan berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf A, perlu menetapkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bolaang Mongondow tentang Penetapan dan Pengangkatan Anggota Panitia Pemungutan Suara

Baca juga:   Pemkot Tomohon Gelar Sosialisasi Permendagri Tentang Pedoman Penyusunan APBD 2021

Perlu diketahui pelantikan PPS Pemilu Tahun 2024, itu mengacu dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 182, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6109) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perubahan atas UndangUndang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan

Diawal sambutan Penjabup Bolmong Ir. Limi Mokodompit, M.M., terlebih dahulu menyampaikan apresiasi, serta  memiliki keinginan untuk melihat langsung pelaksanaan pelantikan PPS Pemilu Tahun 2024.

“Walaupun banyak kegiatan-kegiatan Pak Bupati harus utamakan hari ini karena saya ingin melihat semua anggota dari pada PPK mau pun PPS yang hari ini luar biasa,” ucap Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit.

Dengan begitu dikatakan Pj Bupati Bolmong, dirinya berharap yang terbaik, serta doa agar Tuhan Yang Maha Kuasa, selalu memberikan kekuatan untuk menjalankan amanah yang dibwrikan sebagai penyelenggara Pemilu di Tingkat Desa, Kelurahan dan Kecamatan.

“Insya Allah Swt, tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan ridho dan rahmat. Diberikan kekuatan dalam rangka menghadapi pemilu di tahun-tahun yang akan datang,” tambah Pj Bupati Bolmong.

Baca juga:   Walikota dan Panitia HUT PI Audiensi Dengan Sinode GMIM

Lanjut Pj Bupati Bolmongdi kesempatan tersebut menambahkan bahwa dirinya menyambut baik dan memberikan apresiasi sekaligus menyampaikan terima kasih kepada jajaran Ketua dan anggota KPU Kabupaten Bolaang Mongondow, atas pelantikan hari ini.

“Pelantikan PPS hari ini sebagai bagian dari tahapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 serta sebagai pelaksanaan atas keputusan Komisi Pemilihan Umum nomor 476 Tahun 2022 Sebagaimana telah diubah dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum nomor 534 Tahun 2022,” tambahnya.

Lebih lanjut lagi dikatakan Limi Mokodompit, selaku Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow menyampaikan selamat bertugas kepada anggota Panitia Pemungutan Suara.

“Anggota PPS yang dilantik dan diambil Sumpah hari ini merupakan hasil terbaik dari tahapan dan proses seleksi yang ketat sehingga Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow mendukung dan memberikan support penuh kepada semua penyelenggara pemilu dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah serentak di tahun 2024 nanti.” Tutupnya.

Baca juga:   Walikota Eman Melantik DPC LPM Se- Kota Tomohon

Begitu pun disampaikan Ketua KPU Bolmong, Lilik Mahmuda. Selain melantik para Anggota PPS, dirinya berharap kepada 666 (Enam Ratus Enam Puluh Enam) PPS itu dapat menjalankan amanah sesuai dengan tugas dan undang-undang

“Tentunya tidak ada kata yang boleh dilewatkan selain rasa syukur karena diberikan karunia kesehatan, karunia semangat, untuk menjalankan tugas, sesuai dengan Undang-undang.” ucap Lilik.

Hadir dalam pelantikan PPS Pemilu Tahun 2024 selain Penjabat Bupati Bolmong Ir. Limi Mokodompit, M.M., nampak juga Asisten 1 Setda Bolmong, Deker Rompas, Kapolres Bolmong, AKBP Slamet Ramelan, SIK., yang diwakili Kasat Intel, Kapolres Kotamobagu, AKBP Dasveri Abdi, SIK, diwakili Kabag Ops Kompol Johan Damopolii, Dandim 1303/BM Letkol Inf Topan Angker, S.sos diwakili Kasdim 1303 Bolmong, Ketua KPU Bolmong, Lilik Mahmuda, serta para Komisioner KPU Bolmong, Ketua Bawaslu Bolmong, Kepala Dinas Kominfo Bolmong, Kepala Dinas PMD Bolmong, serta para Camat se-Bolmong.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.