by

Rektor Unsrat Berty Sompie Adalah Anak Prajurit TNI AL

Manadozone || Manado – Banyak yang kurang tahu ternyata Rektor Universitas Samratulangi (Samrat) Manado Periode 2022-2026 Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng. merupakan anak sulung dari seorang prajurit purnawirawan TNI AL KKO (Saat ini Marinir).

“Papi saya Djoni Sompie NRP.28960 seorang purnawirawan prajurit KKO (Korps Komando) TNI AL (saat ini Marinir) pada tahun 1970 tugas di Donggala Sulawesi Tengah sebagai Komandan Korps Komando (KKO) TNI AL Perwakilan dari Daerah Angkatan Laut (Daeral) VI Sulutteng dan saat itu saya barusia 4 tahun belum sekolah” kenang Prof Dr Ir Berti Sompie, M.Eng, kepada Manadozone Selasa (17/1/2023).

Baca juga:   Dolly Jacob Tampemawa Siap Berjuang Untuk Kesejahteraan Rakyat

Menurut Prof Berty Sompie Rektor Unsrat Manado itu dia sebagai anak pertama dari 4 bersaudara 2 Laki-laki dan 2 Perempuan kelahiran Surabaya Jawa Timur 25 Oktober 1966 melewati masa kecil sebagai anak dari keluarga militer prajurit KKO TNI AL saat itu dididik penuh disiplin dan itulah membuat bisa meraih harapan seperti saat ini

“Sebagai anak prajurit KKO TNI AL, saya bersaudara menerima didikan disiplin militer, hidup teratur bermain belajar dan kalau salah punya konsekuensi harus menerima hukuman disiplin tetapi kalau sekolah meraih juara saya sangat senang karena dapat reward dibelikan buku bacaan oleh papi saya. Ketika masa kecil di Kota Donggala sering ke kota Palu dan suasana enak waktu kecil saya sudah melihat keragaman mengedepankan kehidupan toleransi antar agama” ujar Prof Berti Sompie

Baca juga:   PWI Sulut Anugerahi Efradus Semuel Taroreh “Tokoh Teladan Pers”

Dalam Pilrek Unsrat Manado 14 Maret 2022 Prof Berty Sompie terpilih jadi Rektor Unsrat Manado dengan memperoleh 76 suara menyisihkan dua kandidat calon Rektor lainnya. Yakni: Prof Dr Ir Grevo S Gerung M.Sc 16 suara dan Prof Dr Ir Fabian J Manoppo M.Agr 17 suara.

Prof Berty Sompie Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado 2022-2026 merupakan mantan Rektor UKIT, Staf Khusus Gubernur Sulawesi Utara Bidang Arsitektur, Wakil Rektor III Bidang Akademik dengan sejumlah pengalaman di bidang pendidikan.

Di bidang profesi insinyur, Prof Berty Sompie sampai saat ini masih menjabat Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Dewan Pengurus Cabang Minahasa Utara yang dijabat sejak 2019.

Baca juga:   Pemda Bolmong Dukung Penuh, Wacana Raja Loloda Mokoagow Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

Sebelumnya Prof Berty Sompie menyebut saat itu dirinya maju ke pemilihan Rektor Unsrat Manado karena terpanggil untuk memajukan Unsrat menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia.

“Saya mau memajukan Unsrat, menjadi salah satu Universitas Negeri terbaik di Indonesia” kata Prof Berty Sompie.(Elkana)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.