by

Satu Langsung Bebas, 82 WBP Rutan Terima Remisi Natal

Penulis: Julke Tuwo.

Manadozone || Manado – Kado Natal berkesan diterima oleh 82 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Nasrani yang mendiami Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado. Tepat di peringatan Hari Kelahiran Yesus Kristus, 25 Desember, mereka pantas berbahagia karena menerima Remisi Khusus (RK) Natal. Bahkan, satu diantaranya langsung menerima RK II yaitu menerima SK bebas.

Penyerahan remisi dilakukan sebelum pelaksanaan Ibadah Natal yang dipusatkan di Gereja Abigail Rutan Manado yang dilakukan langsung Kepala Rutan Manado, Deny Fajariyanto dan unsur Kanwil Kemenkumham Sulut diwakili Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan Barang dan Keamanan, Yusran Saad.
Momen pemberian remisi diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Pemberian Remisi Khusus Natal oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan Wahyono.

Baca juga:   Bawaslu Tomohon Pantau Aktifitas ASN di Medsos

Adapun jumlah Narapidana yang menerima Remisi Khusus Natal sebanyak 82 orang WBP, dengan rincian, 81 orang menerima Remisi Khusus (RK-I) dan 1 orang menerima Remisi Khusus (RK-II) langsung bebas.

Ka Rutan Manado Deny Fajariyanto saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona Laoly menjelaskan pemberian remisi kepada WBP adalah salah satu indikator pelaksanaan pembinaan di dalam Lapas/Rutan/LPKA yang juga merupakan salah satu unsur pemenuhan hak bagi WBP yang dilindungi dan ditetapkan oleh Undang-Undang. Remisi ini diberikan kepada WBP yang telah memenuhi syarat substantif dan administratif, berkelakuan baik, aktif mengikuti program Pembinaan, serta telah menunjukan penurunan tingkat resiko. “Selama merayakan Natal bagi saudara-saudari kita umat Nasrani,” ungkapnya.

Baca juga:   Sidang Sinodal KWI Menggelar Pemilihan Fungsionaris Periode 2022-2025

Usai penyerahan remisi, Yusran Saad menjelaskan bahwa baik Menkumham, Kakanwil dan Kepala Divisi Pemasyarakat mengucapkan selamat kepada WBP yang menerima remisi khusus Hari Raya. Sekaligus mengucapkan selamat merayakan Natal kepada semua WBP Nasrani dan menyongsong Tahun Baru. ‘’Semoga dirayakan dengan penuh suka cita sebagai umat yang percaya,’’ ujar mantan Plt Kalapas Manado itu lagi. (*/jpm)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.