by

Bantah Ada Pungutan, Ka Rutan Deny Fajariyanto Sebut Semua Sesuai SOP

Penulis: Julke Tuwo.

Manadozone || Manado – Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado, Deny Fajariyanto menjelaskan seluruh proses pemindahan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Rutan Manado sama sekali tidak dipungut biaya sepeserpun. ‘’Karena pelaksanaan pemindahan kami laksanakan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagaimana yang dikedepankan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan,’’ ujar Fajariyanto kemarin (2/12/2022).

Keterangan mantan Ka Rutan Wates yang baru tiga pekan menjadi orang nomor satu di Rutan Manado itu sekaligus memberikan klarifikasi dengan adanya tundingan bahwa ada petugas Rutan yang meminta uang saat terjadinya proses pemindahan WBP pada penghujung November lalu ke Lapas Manado di Tuminting. ‘’Sekali lagi saya garis bawahi pada seluruh proses pelayanan di Rutan Manado, sama sekali tidak dipungut biaya apapun,’’ tegasnya.

Baca juga:   Pesan Ka Rutan Manado Deny Fajariyanto ke Ratusan WBP:‘’Kalian Adalah Saudara, Mari Jaga Ketertiban Bersama, Jauhkan Hal Yang Tidak Diperbolehkan’’

Oleh sebab itu, sekali lagi Ka Rutan menjelaskan bahwa tidak benar adanya tundingan bahwa ada oknum disini (petugas Rutan Manado-red) yang meminta sejumlah uang kepada salah satu pihak keluarga termasuk dalam kloter pemindahan 20 WBP dari Rutan Manado ke Lapas Manado di Tuminting pada 27 November lalu. ‘’Tidak benar itu. Dan bila memang ada yang merasa ada ketidaknyamanan soal pelayanan di Rutan Manado, silahkah ada nomor pengaduan yang kami siapkan yaitu 081340164800.’’

Sebelumnya saat mengumpulkan semua WBP, pekan lalu, Deny Fajariyanto telah menekankan hal tersebut. ‘’Semua proses pengurusan di Rutan disini, WBP sekali tidak kami memungut dan meminta sepersenpun biaya atau nol rupiah. Bila waktunya sudah harus bebas atau pulang segera kami keluarkan tanpa ada embel-embel. Jadi, bila ada petugas yang masih minta uang, silahkan laporkan kepada saya,’’ pesannya yang disambut aplaus meriah ratusan WBP.

Baca juga:   Jaksa Agung RI Burhanuddin Tunjuk Fredy Runtu Sebagai Plt Kajati Sulut

Pada hari ini, Sabtu (3/12/2022) sore untuk kali kedua, Ka Rutan kembali mengumpulkan semua WBP di Aula Rutan Manado guna memastikan bahwa tidak ada pungutan sama sekali buat Warga Binaan. Kali ini Deny Fajariyanto tampil sendiri. ‘’Baik itu untuk urusan CB, PB, CMB maupun Asimilisasi. Termasuk pemindahan ke Lapas Manado atau Lapas dekat-dekat, ingat sama sekali tidak ada pungutan. Tolong juga disampaikan kepada keluarga kalian bahwa itu tidak ada seperti itu. Saya berani jamin kepada kalian semua. Untuk semua urusan tidak ada embel-embel biaya apapun,’’ ungkap ayah tiga anak itu lagi.(**/jpm)

Baca juga:   25 WBP Rutan Manado Terima Program Asimilasi Rumah

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.