by

Soal Ketersediaan Obat, Puskesmas Manente di Kunjungi Tim Stafsus Bupati

Penulis: Denty Tanggo II Editor Julian Lasut

SANGIHE II Manadozone.com–Dengan adanya informasi terkait minimnya ketersediaan obat-obatan yang terjadi di Puskesmas Manente Tahuna, tim Staf Khusus Penjabat Bupati Sangihe langsung Action guna mencari tau kendala apa yang membuat tidak maksimalnya pasokan obat ke Puskesmas tersebut, Kamis (24/11/2022)

(Tim Stafsus Pj Bupati, saat Berkunjung di Puskesmas Manente)

Pada kesempatan tersebut, terungkap jika ketersediaan Obat Umum seperti, CTM, Obat Batuk dan Flu, sudah dari bulan April tidak pernah lagi disuplay, sehingga Kepala Puskesmas Manente sering menggunakan uang pribadi untuk pengadaan obat-obatan yang dimaksud. “Sejak bulan April 2022 sudah tidak lagi disuplay dari Dinas Kesehatan Sangihe, dan akhirnya untuk pengadaan obat tersebut, Kepala Puskesmas mengambil inisiatif menggunakan dana pribadi guna membeli obat-obatan itu,” ujar bawahan dari Kepala Puskesmas yang enggan menyebut namanya.

Baca juga:   Kepala Stasiun PSDKP Tahuna, Lakukan Pemecatan Sepihak

Sementara, Koordinator tim Staf Khusus Bidang Pemerintahan Jefri Tilaar mengatakan, bahwa persoalan tersebut terjadi dibeberapa Puskesmas yang lainnya selain Manente. “Berdasarkan laporan masyarakat terkait kekurangan obat, khususnya obat Batuk dan Flu, setelah diklarifikasi ternyata akibat kekurangan stok dari Dinas Kesehatan, yang penganggarannya tidak dilebihkan, dan pada saat terjadi lonjakan pengunjung maka pemberian obat kepada pasien terganggu. Kami juga sudah menyampaikan ke Pj Bupati dr Rinny Tamuntuan soal ini, dan akan ditindaklanjuti agar pelayanan dipuskesmas nantinya tidak terganggu,” ungkap Tilaar.

Adapun Staf Khusus yang datang mengunjungi Puskesmas Manente tersebut diantaranya, Bidang Pemerintahan Jefri Tilaar SE ME, Bidang Pendayagunaan Aparatur Febrima Theodorus Angow, Bidang Hukum Frans Vic Sahempa S.Pd, Bidang Kemasyarakatan Pdt Atohema Medea MT,M.Pdk, Bidang Pendapatan dan Investasi Audro Christopher S.Pd,M.Sn dan Bidang Komunikasi Publik Johan Fredrik Lukas.(*)

Baca juga:   Jembatan Tolendano Bakal Diperbaiki, Sasiang Minta Masyarakat Bersabar

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.