by

Brigjen Rano Tilaar Jabat Kepala Staf Garnisun Jakarta

Editor: Jimmy Endey

Manadozone || Jakarta – Brigadir Jenderal TNI Rano Maxim Adolf Tilaar, S.E. belum lama menduduki Wakil Kepala Pusat Penerangan (Wakapuspen) TNI yakni sejak 29 Agustus 2022 namun saat ini lewat Surat Keputusan Panglima TNI tertanggal 4 November 2022, Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan promosi jabatan kembali kepada beberapa orang Perwira Tinggi di dalam institusi TNI termasuk Rano Tilaar.

Karir Putra Kawanua ini tergolong bersinar, setelah menduduki Danrem 052/Wijayakrama diangkat menjadi Wakapuspen TNI namun hanya dua bulan sesudahnya Rano Tilaar dipromosikan kembali menjadi Kepala Staf Garnizun Tetap (Kasgartap) 1/Jakarta yang membawahi 10 Sub Garnizun (Subgar) yang tersebar diseluruh wilayah DKI Jakarta serta daerah-daerah penyanggahnya seperti Bekasi, Depok dan Tangerang.

Baca juga:   Bersama Ketum TIFF 2022, Walikota Senduk Audensi Dengan Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno

Suami dari Tanya Tengker ini terbilang cukup sukses menapaki karier militernya. Lulusan Akademi Militer Angkatan 1993 ini mengawali jabatannya lewat Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dimana pada 1995 menjadi Dan Unit Para Komando Kopassus. Terus menduduki sejumlah posisi bahkan sempat bertugas di Papua sebagai Dandim Jayapura. Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rano Tilaar merupakan sosok yang penting.

Brigjen Rano Tilaar Bersama Pemimpin Umum Manadozone Saat Ziarah di Makam Pahlawan Nasional Daan Mogot di Tangerang Banten.(Foto Dok. Manadozone.com)

Ketegasannya dalam mengambil tindakan dan menganalisa keadaan membuat Rano Tillar berhasil mengamankan kampung halaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kota Solo, beserta enam kabupaten lain di Solo

Baca juga:   Diduga Aniaya Warga Pakai Kursi Plastik, SS Digiring ke Polres Bitung

Ayah dari 3 anak ini kini menduduki jabatan strategis di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Diketahui, Komando Garnisun Tetap I/Jakarta atau (Kogartap I/Jakarta) adalah salah satu satuan dibawah Mabes TNI, Garnisun tetap I/Jakarta merupakan organisasi militer yang memiliki tugas pokok menegakkan hukum, disiplin dan tata tertib prajurit TNI dan PNS TNI di wilayah Jakarta serta wilayah penyanggahnya. Selain itu, Kogartap I/Jakarta juga melakukan tugas-tugas protokoler kenegaraan untuk skala nasional yang melibatkan langsung Bapak Presiden RI dan Wapresnya.

Pria yang cukup humanis serta dekat dengan masyarakat ini kini menjabat posisi strategis yang bakal menentukan posisi selanjutnya di TNI kedepan. Semoga sukses Jenderal Rano!

Baca juga:   Subdit Tipidkor Polda Sulut Tetapkan Empat Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Rehabilitasi Jalan di Bolmong

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.