by

2 Anak Perusahaan PT Archi Raih Penghargaan Aditama

Penulis: Julke Tuwo

Manadozone || Jakarta – Penghargaan diraih dua anak perusahaan PT Archi Indonesia Tbk yakni PT Meares Soputan Mining (MSM) dan PT Tambang Tondano Nusajaya (TTN) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

PT MSM kembali meraih penghargaan tertinggi Aditama dalam Aspek Pengelolaan Keselamatan Pertambangan. “Penghargaan tersebut diumumkan pada ajang Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik (Good Mining Practices Award/GMP) tahun 2022, di Hotel Bidakara, Jakarta,” kata Direktur Utama PT MSM dan PT TTN David Sompie, Jumat (29/9).

Dalam ajang ini, lanjutnya, PT MSM dan PT TTN, juga meraih penghargaan pada tiga aspek untuk pemegang Kontrak Karya (KK). Ketiganya ialah Aspek Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan, Aspek Pengelolaan Keselamatan Pertambangan dan Aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan.

Baca juga:   Sempat Ditutup, Tempat Wisata di Bolmong Kembali Buka

Tiga penghargaan ini diterima oleh Direktur Operasional PT MSM dan PT TTN, Scott G. Atkinson. Sementara untuk Aspek Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan, PT MSM dan PT TTN meraih penghargaan Pratama (perunggu).

“Untuk Aspek Pengelolaan Keselamatan Pertambangan, PT TTN mendapatkan penghargaan Utama (silver), sedangkan PT MSM meraih penghargaan Aditama (emas). Sementara untuk Aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, PT MSM dan PT TTN sama-sama meraih penghargaan Utama (silver),” tegas David.

Sementara itu, Drektur Teknik Dan Lingkungan Mineral Dan Batu Bara Direktorat Jenderal Mineral Batubara, Sunindyo Suryo Herdadi, menyatakan, Good Mining Practices Award ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. “Penghargaan ini merupakan kegiatan penilaian terhadap kinerja dan keberhasilan dalam penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik pada kegiatan usaha pertambangan minerba,” ujarnya.

Baca juga:   Walikota dan Wakil Walikota Tomohon Imbau Masyarakat dan Pengguna Jalan Waspada Potensi Curah Hujan Lebat dan Angin Kencang

Kegiatan ini, lanjut Sunindyo, dimaksudkan untuk memberikan apresiasi sertaƂ motivasi kepada seluruh perusahaan pertambangan pemegang KK, PKP2B, UP dan UPK, maupun IUJP agar bisa berlomba-lomba untuk berprestasi dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan minerba yang baik.

Sunindyo berharap seluruh pelaku usaha kegiatan pertambangan tetap melaksanakan operasional pertambangan sesuai dengan prinsip-prinsip penerapan kaidah teknik pertambangan minerba yang baik, serta menjadi tolak ukur bagi pemerintah atas keberhasilan pembinaan pengawasan aspek teknis dan lingkungan terhadap kegiatan usaha.

“Kami merasa bangga atas apresisasi pemerintah pada kinerja PT MSM dan PT TTN. Terima kasih kepada Kementerian ESDM, lebih khusus Dirjen Minerba yang terus melakukan pembinaan sehingga perusahaan dapat menerapkan good mining practices dalam operasi penambangan di Tambang Emas Toka Tindung,” tambah Direktur Utama PT MSM dan PT TTN David Sompie.

Baca juga:   JFE-SAS Hadiri Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA -PPAS APBD 2018

Penghargaan yang diperoleh ini, paparnya, merupakan kerja keras seluruh karyawan. Ke depan, prestasi ini diharapkan dapat dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan.

Menurut dia. penghargaan ini menjadi bukti komitmen dari Archi dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik di Tambang Emas Toka Tindung.

“PT Archi Indonesia Tbk sangat bersyukur dan bangga terhadap pencapaian PT MSM dan PT TTN melalui penghargaan yang diterima. Hal ini senada dengan komitmen Archi untuk selalu menjunjung tinggi praktek Tata Kelola Perusahaan (GCG) yang baik serta mengimplementasikan standar yang tinggi terkait kebijakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (OHS),” tambah Harry Margatan Sopandi, Sekretaris Perusahaan PT Archi Indonesia Tbk.

Lebih Lanjut, Harry menyampaikan bahwa Archi akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kaidah teknik pertambangan yang baik.(JUL)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.