by

Bawakan Materi, Jeand’arc Karundeng : Peran Dekranasda Memfasilitasi para Pengrajin dan Membantu Terkait Perijinan

Manadozone||Tomohon – Bertempat di Wiliam’s Tomohon Resort. Kelurahan Kakaskaseb Satu. Kecamatan Tomohon Utara. Selasa (27/09/2022), Pemerintah Kota Tomohon, menggelar Pelatihan Pengembangan Usaha Mikro dengan Orientasi Peningkatan Skala Kecil Bidang Souvenir Angkatan I, sumber dana DAK Non Fisik PK2UKM Tahun Anggaran 2022, dalam rangka mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Tomohon.

 

Kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda Kota Tomohon, drg Jeand’arc Senduk Karundeng, saat membawakan materi, mengatakan peran Dekranasda kota Tomohon berusaha untuk memfasilitasi pengrajin, baik yang pernah dilakukan mungkin sudah pernah mengikuti juga waktu pameran yang ada.

Baca juga:   Aplikasi Soulmate Resmi Dilaunching di Kota Tomohon

 

Untuk itu, diharapkan pelatihan ini, pengrajin semakin mendapatkan kemampuan keahlian dalam mereka meningkatkan kualitas dari usaha mereka. ujar Karundeng.

 

Hal ini, lanjut Karundeng, pihaknya memfasilitasi dari segi keahlian, tapi bagaimana segi kwalitas usaha yang dilakukan.

 

“Terkait perijian, akan dibantu, seperti membuat Nomor Induk Berusaha (NIB), serta surat-surat untuk kebutuhan, sebagai syarat usaha, karena membuat usaha tentunya ada proses kelengkapan administrasi sebagai syarat yang harus dipenuhi”. ujar Karundeng.

 

Ditambahkan Karundeng, dari Dekranasda Tomohon sudah adakan baru-baru, seperti TIFF dan Pameran Kriyanusa, oleh Dekranasda pusat. Sebagian kerajinan yang ada yang ada di kota Tomohon kami pamerkan, termasuk juga kain batik dan kain batik itu desain hasil lomba desain batik yang dilakukan tahun lalu oleh TP PKK. Kata Ketua Dekranasda Kota Tomohon, drg Jeand’arc Senduk Karundeng.

Baca juga:   ROR Melayat di Rumah Duka Mantan Hukum Tua di Langowan

Diketahui, pelatihan ini, dilaksanakan, selama 2 (dua) hari. Sejak hari ini, Selasa (27 – 29 September).

(JP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.