by

Penjabup Limi Mokodompit Hadiri Deklarasi Pencanangan Kampung Pancasila

BOLMONG, manadozone.com — Penjabat Bupati (Penjabup) Kabupaten Bolaang Mongondow, Ir. Limi Mokodompit, M.M., senin (20/09/2022) sekitar pukul 11.30 wita menghadiri kegiatan deklarasi pencanangan Kampung Pancasila di Desa Mopuya Bersatu, Kecamatan Dumoga Utara.

Deklarasi pencanangan Kampung Pancasila yang dilaksanakan di Gedung Balai Desa Mopuya Utara, itu dihadiri Pj Bupati Bolmong Ir. Limi Mokodompit, MM, dan Kapolres Bolmong, AKBP Slamet Ramelan, SIK., Dandim 1303/Bolmong, Letkol Inf Topan Angkaer, S.sos, Ketua Pengadilan Negeri kotamobagu, Junita Beatrix Ma’i, SH., MH, dan yang mewakili Kajari Kotamobagu, Erwin A Khahar, SH., MH.

Diawal kegiatan terlebih dahulu Darmo Sinus, selaku Tokoh masyarakat, menyampaikan kronologi hadirnya masyarakat di Desa Mopuya Bersatu, sejak tahun 1971 hingga keberadaan saat ini.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 1303/Bolmong, Letkol Inf Topan Angker, S.Sos, dalam sambutannya menyampaikan dicanagkannya Kampung Pancasila di Mopuya Bersatu, itu dinilai sangat tepat mengingat saat ini dengan terus berkembangnya teknologi dalam kehidupan bermasyarakat nilai-nilai Pancasila semakin hari dinilai semakin terkikis.

Baca juga:   Bupati Bolmong Hadiri Peresmian Mesjid Agung Baitul Makmur di Kotamobagu

“Oleh sebab itu diperlukan adanya usaha untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,” ucap Dandim 1303/Bolmong, Letkol Topan Angker, S.Sos.

Lanjut Dandim 1303 Bolmong menambahlan, adanya kampung Pancasila yang dicanangkan hari ini, adalah yang pertama untuk melestarikan dan menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

“Bertujuan untuk memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga yang multikultur dan multi agama,” tambahnya.

Begitu pun disampaikan Penjabat Bupati (Penjabup) Bolmong, Ir. Limi Mokodompit, M.M., diawal sambutan dirinya menyampaikan apresiasi, serta serta bangga daerah yang dipimpinnya itu, tepatnya desa Mopuya Utara, dipilih dan dicanangkan menjadi Kampung Pancasila.

Baca juga:   HUT Ke-92 RS Gunung Maria Tomohon, Wawali Lumentut Harap Tetap Menjaga Kualitas Pelayanan

“Insya Allah peresmian Kampung Pancasila pada hari ini senantiasa mendapat ridho dan rahmat dari Allah subhanahu wa ta’ala Tuhan yang maha kuasa. Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 1303 Bolmong dan jajarannya yang telah menginisiasi menggagas melaksanakan serta menetapkan desa Mopuya Utara untuk diresmikan sebagai Kampung Pancasila tentunya Pemerintah Kabupaten Bolmong menyambut baik,” ucap Pj Bupati Bolmong, Ir. Limi Mokodompit, M.M.

Lanjut Pj Bupati Bolmong mengatakan, keberadaan Kampung Pancasila di desa Mopuya Bersatau, sangat bernilai strategis dalam upaya memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga yang multikultural multieknik dan multi agama.

“Saya selaku pemerintah menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat desa mopuya Utara atas peresmian Desa ini sebagai Kampung Pancasila,” tambah Pj Bupati Bolmong.

Baca juga:   Wakili Bupati ROR, Talumewo Buka Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy BPSDMP Kominfo

Lanjutnya lagi mengatakan, dalam rangka memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa sekaligus memperdalam rasa cinta dan rela berkorban untuk tanah air, maka pembentukan paradigma yang tepat terhadap dasar negara Pancasila menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan seiring dengan masuknya arus globalisasi serta banyaknya ideologi atau paham yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa sehingga untuk memahami esensi dan arti penting dari nilai-nilai Pancasila hendaknya dilakukan secara menyeluruh tidak hanya makna tersurat saja yang dipahami namun juga makna tersirat yang terkandung dalam simbol setiap sila.

“Peresmian Kampung Pancasila untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang keragaman suku agama dan budaya di negeri ini, hanya bisa disatukan oleh Pancasila. Desa Mopuya Utara merupakan Desa pertama kali yang diresmikan sebagai Desa Pancasila di Kabupaten Bolmong,” terangnya.

(Zul)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.