by

Penerbangan Manado-Korsel Dibuka, Gubernur Olly Dondokambey MOU Dengan CEO Jeju Air

Manadozone || Korsel – Terbukanya penerbangan langsung Manado-Korea Selatan (Korsel) bakal segera terwujud. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan kerjasama atau Memorandum Of Understanding (MoU) antara Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambe dengan CEO Jeju Air E-Bae Kim

Penandatanganan Mutual Development on Tourism and Creative Economy, dilakukan di rumah dinas Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto, Jumat (16/09) waktu setempat. Penandatanganan tersebut disaksikan langsung Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri.

Target MoU tersebut yaitu dibukanya penerbangan langsung dari Korea Selatan ke Manado, Sulawesi Utara, pulang pergi (PP).

Sebagai informasi, Jeju Air adalah salah satu maskapai penerbangan dari Korea Selatan yang melayani penerbangan antara Pulau Jeju dan daratan Korea Selatan.
Gubernur Olly mengatakan, satu hal yang menjadi daya tarik Sulut adalah jarak tempuh Korea Selatan ke Sulut yang sangat dekat.

Baca juga:   Walikota Senduk Lakukan Sidak di Beberapa Kantor Perangkat Daerah Kota Tomohon

“Penerbangan Jeju-Manado ditempuh sekitar 5 jam, sehingga jarak tempuh akan membuat penumpang lebih nyaman karena tidak memakan waktu yang banyak. Jadi sangat mungkin (dibuka) penerbangan Korsel ke Indonesia. Maka Manado bisa menjadi bandara hub (Penghubung maskapai penerbangan, red) dari Manado menuju destinasi wisata lainnya di Indonesia seperti Bali, Jakarta, Maluku dan sebagainya,” ujar Gubernur Olly.

Gubernur Olly menambahkan, Bandara Sam Ratulangi di Manado bisa beroperasi 24 jam dan para wisatawan dari Korea Selatan bisa bebas visa.

“Jadi kedatangan ke Manado tidak perlu ada visa, nanti bisa on arrival nanti diurus di bandara. Dan lagi, bulan Desember nanti Marriot Hotel dengan kapasitas 250 kamar sudah bisa dioperasikan, sudah sangat mendukung untuk kedatangan turis dari Korea,” tegasnya.

Baca juga:   Peresmian Logo Awali Hapsa-POR PKB GMIM di Jemaat PNIEL Wilayah Kakas Dua

Di sisi lain, Gubernur Olly menjamin, jumlah kunjungan wisatawan dari Indonesia ke Korea Selatan juga akan banyak dikarenakan banyaknya masyarakat terlebih di Kota Manado yang menyukai fasilitas kecantikan di Korsel.

“Saya sudah dua kali ke Korea Selatan dan saya lihat fasilitas disini sangat disukai ibu-ibu di Kota Manado. Saya yakin akan banyak kunjungan ke Korsel,” ujar Olly.

Jeju Air CEO E-Bae Kim merespon positif hubungan kerjasama antara Jeju Air dan Pemprov Sulut karena sejauh ini penerbangan dari Korea Selatan ke Indonesia hanya 23 kali per minggu.
“Saya juga tidak sabar untuk bekerjasama dengan Sulawesi Utara, Indonesia, dan sangat ingin agar jalur penerbangan bisa didapat agar hubungan negara kita lebih baik,” ujar Kim.

Baca juga:   Polres Minsel Bersama KPU Minsel Menggelar Simulasi Pengamanan TPS

Pada kunjungan ke Korea Selatan, Olly Dondokambey turut didampingi Anggota DPRD Sulut Rocky Wowor dan Walikota Bitung Maurits Mantiri. Selain menjajal kerjasama dengan Jeju Air, Olly juga ikut mempromosikan Sulawesi Utara kepada Busan Port Authority. Kunjungan ke Korsel ini bukanlah meruapakan kunjungan pertama Gubernur Sulut Olly Dondokambey, sebelumnya juga pernah mendatangi Negeri Ginseng tersebut.(JIM)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.