by

Kementerian ATR/BPN Kanwil Sulut Membina Masyarakat Lewat UMKM

Manadozone || Manado – Dalam memperingati Hari Bhakti Agraria, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Wilayah Sulawesi Utara (Sulut) menggelar bazar produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kegiatan yang digelar sejak 14 September 2022, pada hari Jumat (16/9/2022) secara resmi ditutup Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian ATR/BPN Sulut Lutfi Zakaria.

Menurut Lutfi kegiatan bazar ini bertujuan untuk memberi perhatian bagi masyarakat pelaku usaha UMKM agar dapat memanfaatkan peluang usaha lewat pemberdayaan tanah yang telah memiliki sertifikat untuk diharuskan bagi generasi penerusnya.”Kami mendukung masyarakat agar memanfaatkan UMKM dengan bermodalkan sertipikat kepemilikan tanah bekerjasama dengan BUMN seperti BRI, BNI dan lainnya,” tukas Lutfi.

Baca juga:   Sekdakab Korengkeng Hadiri Peluncuran Bansos Rastra Perum Bulog Bagi KPM

Ditambahkannya, dengan bermodalkan dana yang dipinjam, pemilik sertipikat dapat berusaha lewat UMKM tanpa harus menjual tanah yang dimilikinya.”Saya berharap masyarakat yang telah memiliki sertipikat dapat memanfaatkannya lewat pembinaan agar tidak menjual tanahnya, tapi mewariskannya kepada anak cucu, sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” tutur mantan Kepala BPN Kabupaten Cianjur ini.

Lutfi juga memaparkan bahwa Kementerian ATR/BPN lewat Kanwil dan Kantor Pertanahaannya tidak hanya membagikan sertipikat namun juga melakukan pembinaan agar dapat bermanfaat bagi masyarakat.”Jadi selama inikan masyarakat hanya berpikir bahwa BPN itu hanya sampai pada sertifikat, sebenarnya tidak. BPN itu sampai pada pembinaan bagaimana sertifikat itu bermanfaat bagi masyarakat yang kita sertifikatkan,” papar Lutfi.(DEY)

Baca juga:   Ansor Kotamobagu Kutuk Aksi Penembakan di Mesjid New Zealand

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.