by

Bupati Franky Wongkar Luncurkan Perijinan Keliling DPMTSP Dan Inovasi Layanan Publik

Manadozone || Tatapaan – Satu lagi terobosan inovatif dilakukan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dibidang perijinan serta layanan publik. Bupati Franky D Wongkar meluncurkan perizinan keliling Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (DPMPTS). Launching inovasi layanan publik di bidanmg perizinan tersebut berlangsung di Balai Desa Paslaten Kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minsel Selasa (13/09/2022).

Kegiatan pelaksanaan program inovasi yang berbasis tata laksana pemerintahan yang prima itu akan digelar di 17 Kecamatan secara bergiliran. Dalam sambutannya, Wongkar menyambut baik inovasi layanan perizinan yang diprakarsai DPMPTS Kabupaten Minsel.

Baca juga:   1.022 Personil Polda Sulut Siap Amankan Perpisahan Malam Tahun Baru

Menurutnya kehadiran layanan perizinan keliling kian mempermudah proses pengurusan izin bagi masyarakat termasuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Selain untuk memudahkan proses penerbitan izin, program ini juga menurut Bupati sebagai bagian dari upaya pemkab Minsel dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Usai meluncurkan program perizinan keliling, Bupati FDW juga menyerahkan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi sejumlah pelaku usaha mikro kecil perseorangan.

Nomor Induk Berusaha (NIB) penting dimiliki setiap UMKM sebagai legalitas atau perlindungan hukum untuk suatu yang produk yang dimiliki pelaku UMKM itu sendiri.

Baca juga:   Bupati Bolmong Apresiasi Majlis Ta'lim Al Ikhlas Desa Doloduo III Khatam Al-quran

Selain itu, dengan telah memiliki NIB akan mempermudah UMKM dalam memdapatkan pembinaan dari instansi terkait mengingat usahanya tersebut sudah terdata.

Sementara itu, Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Minsel Ronald Paath SPt, MSI mengatakan perluncuran layanan izin keliling berbasis OSS itu mendapat sambutan hangat masyarakat.

“Antusias masyarakat begitu tinggi. Kami awalnya hanya menargetkan 110 pelaku usaha, tapi ternyata membludak sampai 200 yang kami proses dokumen pengajuan izinnya,” ungkapnya.

Mendampingi Kadis DPM-TSP, Sekretaris Dinas Jhonly Sumampow SE, Kabid Perijinan Hesty Pandey S.Sos Kabid Dalwas Serce Rumondor SH,MH. Serta sejumlah undangan lainnya termasuk masyarakat yang cukup antusias menyaksikan kegiatan inovatif yang mempermudah layanan masyarakat tersebut.(Vhey)

Baca juga:   Terkait Kabupaten Layak Anak, Begini Arahan Ketua TP PKK Bolmong

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.