by

LP-KPK Sangihe Sesalkan Pernyataan Kakanwil Kemenkumham Sulut, Lukas : “Jangan Hanya Menerima Laporan Atau Penjelasan Sepihak”

SANGIHE II Manadozone.com–Ketua Komisi Cabang (Komcab) Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP-KPK) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Johan Adler Fredrik Lukas mengecam penjelasan yang dilontarkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulawesi Utara Haris Sukamto terkait misteri kematian salah seorang warga binaan Sofian Pukoliwutang (39) di Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Tahuna pada tanggal 9 Agustus Tahun 2022 belum lama ini.

Ditegaskan Lukas, pernyataan Kakanwil tersebut bahwasannya hanya menerima laporan penjelasan sepihak dari Kepala Lembaga Pemasyarakatan Tahuna, Suharno yang notabene adalah bawahannya sendiri tanpa melakukan Investigasi mendalam juga tidak mempelajari sama sekali kasus tersebut serta bukti-bukti dan fakta dilapangan. “Sebaiknya Pak Kakanwil yang terhormat itu turun langsung kelapangan dan melakukan Investigasi mendalam soal kematian warga binaan dilapas Tahuna sebelum mengeluarkan Statement. Jangan cuma menerima laporan sepihak dari Kalapas Tahuna si Pak Suharno, yang terkesan Kakanwil sendiri melakukan upaya ‘melindungi’ jajaran dibawahnya,” terang Lukas.

Baca juga:   Cegah Penyakit Kusta, PKM Enemawira Bersinergi dengan Pemerintah Kampung

Lanjut dikatakan pria yang terkenal vokal dan sangat peduli terhadap masyarakat ini mengatakan, seharusnya beliau (Kakanwil,red) melakukan Investigasi, pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket) serta mempelajari kasusnya dari bukti-bukti yang ada. “Jangan mengambil kesimpulan bahwa tidak ada unsur pembiaran, juga menyatakan jika petugas sudah berusaha maksimal sesuai SOP untuk melakukan perawatan terhadap Almarhum Sofian seperti yang dikatakan Kakanwil kepada para awak media,” ketus Lukas dengan nada kecewa. Seraya menjelaskan bahwa kasus tersebut akan diusut tuntas sampai keranah hukum serta akan dibawa sampai ke kementerian pusat hingga terungkap kebenarannya. ” Pihak keluarga Almarhum telah mempercayakan kami untuk mengawal kasus ini, dan sudah memberikan surat kuasa sepenuhnya kepada kami, kita lihat saja nanti,” tutupnya.(Denty)

Baca juga:   Pasandaran Ajak Masyarakat Waspada Varian Baru Covid-19 dan Cacar Monyet

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.