by

Partisipasi Penuh Pada TIFF 2022, PLN Kampanyekan Energi Baru Terbarukan

Tak hanya hadirkan layanan listrik prima, PLN juga kampanyekan energi bersih dalam parade kendaraan hias di pembukaan Tomohon International Flower Festival 2022

Manadozone || Tomohon – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey S.E resmi membuka Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2022 di Tomohon, Sulawesi Utara pada Senin (8/8) pagi. Ajang TIFF 2022 sendiri ini bakal digelar hingga 14 Agustus 2022 mendatang.

Pertunjukan carnaval parade kendaraan hias dalam Tournament of Flower (ToF) serta berbagai pertunjukan seni lokal pun digelar sebagai bentuk semarak pembukaan ajang international akbar ini.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey Saat Memberikan Sambutan

TIFF yang merupakan event tahunan ini termasuk kedalam Kharisma Event Nusantara 2022 yang diagendakan oleh Kemenparekraf RI. Event yang sudah terselenggara sejak tahun 2008 ini menjadi sumber kekuatan dalam mendongkrak perekonomian lewat pariwisata serta kebudayaan.

“TIFF menjadi ajang tahunan yang dapat mendongkrak perkenomian daerah serta nasional. Ratusan petani serta UMKM berkontribusi dalam memeriahkan event ini. Dan yang lebih istimewa lagi event TIFF pada tahun ini masuk kedalam Kharisma Event Nusantara 2022,” sambut Olly.

Baca juga:   Pemkab Minahasa Raih Opini WTP ke 8 Kali Berturut-turut

Pembukaan TIFF 2022 ini juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diwakilkan oleh Fadjar Hutomo selaku Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Monsilo Vukovic Konsulat Jenderal Bosnia dan Herzegovina, Konsulat Jenderal Jepang Yasue Katsunobu, serta Konsulat Jenderal Filipina Angelica Excalora.

Tim PLN Yang Bertugas Menjaga Stabilitas Pasokan Listrik

“Sesuai yang disampaikan Bapak Menteri kami dari Kemenparekraf berharap TIFF 2022 dapat menjadi _Multiplier Effect_ yang berpengaruh kepada banyak hal dan bermuara pada peningkatan ekonomi daerah serta nasional ,” ucap Fadjar.

Mengusung tema “Tomohon Greets the World” pelaksanaan TIFF 2022 ini dimeriahkan oleh ratusan peserta dengan total dua puluh dua floats (kendaraan hias) yang berpartisipasi dalam Tournament of Flower (ToF) sebagai ajang pamungkas pembukaan TIFF yang memukau jutaan pasang mata.

Baca juga:   Tim Buser Polres Bitung Berhasil Amankan Empat Pelaku Penganiayaan Di Dermaga LCT

PT PLN (Persero) juga turut andil dalam parade kendaraan hias ToF dengan menghadirkan hiasan bunga dalam kendaraan hias melalui konsep desain Transformasi PLN yang didalamnya juga menunjukkan Energi Baru Terbarukan (EBT).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo Leo Basuki mengungkapkan bahwa PLN siap berpartisipasi penuh dalam gelaran event yang dapat memikat kedatangan wisatawan domestik dan mancanegara.

“Yang spesial dari float PLN seluruh bunga dalam rangkaian hiasan dihasilkan langsung dari petani binaan yang mengoptimalkan program electrifying agriculture. Tak hanya itu konsep EBT serta Transformasi PLN dalam desain hiasan bunga di kendaraan juga kami pilih sebagai bentuk kampanye energi bersih kepada masyarakat yang hadir,” ungkap Basuki.

Baca juga:   Wakil Ketua DPRD Bolmong Hadiri Safari Ramadhan di Desa Pangi

Bentuk partisipasi penuh PLN juga dibuktikan dengan keandalan listrik tanpa kedip di lokasi pembukaan TIFF 2022 serta lokasi fasilitas pendukung lainnya.

“Kami selalu siap dalam gelaran TIFF 2022 bisa berjalan lancar dengan menerapkan skema zero down time agar pasokan listriknya aman, andal dan tanpa kedip mulai dari pembukaan hingga akhir acara selama tujuh hari ke depan,” tambah Basuki.

PLN menyiapkan pasokan listrik berlapis melalui 1 Unit Gardu Berjalan (UGB) daya 200 kVA, 1 unit Uninterrutible Power Supply (UPS) dengan daya sebesar 250 kVA. Masing-masing peralatan backup tersebut dilengkapi dengan Automatic Change Over Switch (ACOS). Pasokan listrik berlapis tersebut disiapkan PLN beserta puluhan personel yang selalu siaga untuk menjamin listrik tanpa kedip dalam gelaran TIFF 2022.(*/yul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.