by

Dewan ‘Berang’ Soal Santunan Duka, Dinsos Sangihe Sentil Kapitalaung

SANGIHE II Manadozone.com–Setelah sekian lama jadi topik pembicaraan warga soal lamanya proses pencairan dana duka, bahkan sebahagian besar belum direalisasikan melalui instansi terkait, akhirnya terungkap jikalau dana santunan yang beraroma sosial tersebut masih ngambang bagaikan Fatamorgana. Hal ini terkuak ketika menjadi salah satu topik pembahasan disidang Paripurna baru-baru ini.

Diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial Danny Mandak, jika berkas yang masuk kedinas yang dinahkodainya sampai dibulan Agustus tahun 2022 ini sebanyak 711 orang, akan tetapi dananya belum ada. “Dananya belum ada, akan diusahakan dan harus masuk pada APBD Perubahan nantinya”, janji Mandak.

Baca juga:   Renovasi Mini Mall Malahasa Viral Dimedsos, Pj Bupati Sangihe Langsung Turlap

Dia juga menjelaskan secara sadar atau tidak sadar malah menyalahkan para Kapitalaung, sebab menurutnya kebanyakan berkas yang masuk ada yang tanpa diketahui oleh Kepala Desa atau Kapitalaung “Kami juga mendapatkan ada berkas yang belum direkomendasikan oleh Kapitalaung, dan sebenarnya Kapitalaung wajib memberitahukan”, kata Mandak. Ditambahkannya lagi bahwa atas petunjuk dari BPK agar proses pencairannya harus lewat rekening alias ditransfer. “Petunjuk dari BPK kalau boleh nantinya dana duka tersebut ditransfer saja karena lebih aman”, tutup Mandak.

Mendengar penjelasan tersebut, Anggota Dewan yang dikenal Vokal dan sangat peduli terhadap kepentingan masyarakat, R.P Makagansa langsung berang. Ditegaskanya jika dananya tidak ada, kenapa masih terus menerima data berkas yang dibawa oleh keluarga yang berduka. “Kenapa diterima berkas-berkas itu kalau tidak ada dana??, kasihan keluarga yang berduka sudah capek-capek urus berkas. Harus dilayani dan dibijaksanai kalau berkas dan datanya sudah dibuat dan dimasukan. Jangan persulit masyarakat!!!. Dan kenapa persalahkan Kapitalaung, kan namanya sudah didatabase, sudah pasti diketahui oleh Kapitalaung”, sembur Paul dengan nada tinggi.(Denty)

Baca juga:   Pengurusan Surat Dipermudah, Pemilik Kapal dan Nelayan Diminta Proaktif, Meifrid: Kami Bakal Turun Melakukan Sidak Gabungan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.