by

ROR Buka Kegiatan Pencegahan Stunting di Kecamatan Eris

Editor : Toar Saraun

TONDANO || Manadozone.com-Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi, IPU, Asean. Eng beserta Ketua PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny Roring Lumanau menghadiri kegiatan Penyuluhan Program Keluarga Berencana sebagai Upaya Pencegahan Stunting di Kabupaten Minahasa bertempat di Aula Desa Tandengan Kec. Eris. Jumat 1 Juli 2022.

Turut hadir Kepala Perwakilan BKKBN prov. Sulut Ir. Diano Tandaju, M.Erg Kepala Dinas PPKB Kab.Minahasa Syultje Panambunan, SE, MAP. Kabag Prokopim Johnny Tendean, AP, MAP. Camat Eris Hendrik Lombogia S.Sos. dan Wakil kepala satgas stunting prov sulut. Ir. Murphy Kuhu, Muspika, para Hukum Tua se Kecamatan Eris, TP PKK dan pendamping KB.

Baca juga:   Pimpin Apel Usai Libur Natal dan Tahun Baru 2018, Eman : Pegawai Diharapkan Bersinergi

Dalam sambutan Bupati Royke Roring mengungkapkan kegiatan ini menjadi sangat penting sebab akan memberikan pemahaman yang bersentuhan langsung dengan kehidupan baik individu maupun keluarga.

“Sosialisasi ini akan memberikan pemahaman kepada seluruh peserta bagaimana kita mengaplikasikan materi – materi ini dalam kehidupan keluarga kita baik bagi kita maupun bagi anak dan cucu,” ujar Bupati.

Dikatakannya, Program KB ini adalah program yang menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan.

“Program ini mengarahkan bagaimana keluarga mempunyai rencana guna mewujudkan keluarga yang berkualitas sebagai modal pembangunan,” ucap Bupati Roring.

Baca juga:   Tim Resmob Polres Bitung Amankan 3 Tersangka Penganiayaan di Jalan 46

Ia mengatakan berdasarkan data dari BKKBN masi banyak warga yang beresiko Stunting

” pecegahan Stunting menjadi sangat penting karena berdasarkan data dari BKKBN tahun 2022 di Minahasa terdapat 33.953 yang beresiko Stunting,” ungkapnya

Sebelumnya, Kadis PPKB Minahasa Dra. Syultje Panambunan, MAP saat membawakan laporan menuturkan maksud dan tujuan kegiatan yakni untuk Upaya Pencegahan Stunting kepada sejumlah desa yang ada di Minahasa

“Selama setahun akan disosialisasikan program program KB untuk pencegahan Stunting untuk masyarakan yang ada di desa di Minahasa dengan jumlah 45 kampung di 25 Kecamatan,” tukasnya.

Baca juga:   Musrenbang RKPD Kota Tomohon 2021 di Gelar Secara Online Via Video Conference

Sementara Camat Eris Hendrik Lombogia S.Sos mengungkapkan untuk di Kecamatan Eris masyarakat dengan kasus beresiko Stunting yang tertinggi berada di Desa Toliang Oki sementara terendah di Desa Maumbi

“di Kecamatan Eris kasus beresiko Stunting yang tertinggi ada di Desa Toliang Oki dengan jumlah 237 sementara terendah di Desa Maumbi dengan jumlah 51,”ungkapnya

(ToarS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.