by

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Apresiasi Bantuan PLN Dalam Pengembangan UMKM Center Rumah Alam Manado

Editor: Julkebet Tuwo

Manadozone || Manado – Sebagai wujud Kolaborasi antara PT PLN (Persero) dan Womenpreneurs Indonesia Networks (WIN) dalam pengembangan UMKM yang ada di Sulawesi Utara, Senin (27/06) telah diresmikan WINStore dan WINKitchen yang berlokasi di objek wisata Rumah Alam Manado.

Peresmian turut dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw beserta jajaran pemerintah daerah, serta General Manager PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo, Leo Basuki.

WINStore merupakan pusat pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah yang memberdayakan peran perempuan dalam menciptakan produk-produk lokal yang dapat dijual kepada masyarakat. Menariknya dalam pembuatan fisik gedung WINStore, PLN memanfaatkan FABA PLTU Amurang sebanyak 364 Ton sebagai bahan baku konstruksinya.

Baca juga:   Peduli Usaha Kecil, NOBU National Bank Salurkan Modal Kerja

Selain WINStore, diresmikan juga WINKitchen yang bertajuk Green Smart Cooking dimana PLN mendukung dari segi penyediaan kompor induksi yang ramah lingkungan dan lebih efisien. WINKitchen kedepannya akan digunakan oleh kelompok perempuan yang akan memasak makanan pendamping beras untuk pencegahan stunting di Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya Leo Basuki menerangkan bahwa pihaknya sangat mendukung program ini, dimana PLN mengambil bagian dalam kampanye penggunaan kompor induksi yang lebih aman dan nyaman, selain itu PLN juga mempunyai aplikasi PLN Mobile yang memiliki fitur marketplace didalamnya sehingga mendukung pengembangan usaha mikro kecil.

Baca juga:   Bupati Yasti Mokoagow Gelar Rolling Penyegaran Kabinet Bolmong Hebat

“Sesudah melihat konsep pengembangan UMKM di objek wisata Rumah Alam Manado, ternyata sejalan dengan program PLN. Ini yang awalnya sebagai program operasional kami buat terlembagakan dengan menghadirkan WINStore dan WINKitchen” sambut Basuki.

Diah Yusuf selaku Chairwoman WIN menyampaikan bahwa dukungan diperlukan dalam pengembangan UMKM apalagi dari UMKM yang dikelola kaum perempuan dan hal ini diberikan oleh PLN dalam bentuk dukungan infrastruktur yang nyata.

“Karena infrastruktur fisik harus digabungkan dengan pembangunan sumber daya manusianya agar bisa memberikan hasil yang optimal dalam jangka panjang bagi pemberdayaan perempuan pengusaha di Indonesia” ujar Diah.

Baca juga:   Wawali Sompotan Hadiri Musprov HKTI DPP Sulut 2018

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengapresiasi program inisiatif Womenpreneurs Indonesia Networks yang bekerjasama dengan PLN dalam memprakarsai konsep WINStore dan WINKitchen yang pertama di Indonesia.

“Terkait pemanfaatan FABA sebagai bahan baku konstruksi gedung WINStore, merupakan salah satu inovasi yang baik dan harus terus dikembangkan” sambut Bintang.(*/yul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.