by

Pemda Bolmong Serahkan SK Pengaktifan Kembali Tiga Sangadi di Passi Timur

Bolmong, Manadozone.com — Setelah dulakukan pembinaan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) selasa (21/06/2022) menyerahkan Surat Keputusan (SK) Bupati, pengaktifan kembali ke Tiga Sangadi Nonaktif di Kecamatan Passi Timur.

Penyerahan SK Bupati Pengaktivan kembali 3 (Tiga) Sangadi di Kecamatan Passi Timur, itu dilaksankan bertempat diruang kerja Asisten 1 Sekretariat Daerah (Setda) Pemda Bolmong.

Kepada wartawan, Asisten 1 Setda Bolmong, Deker Rompas, mengatakan 3 Sangadi nonaktiv yang ada di Kecamatan Passi Timur, itu telah diaktivkan kembali, dengan diserahkan SK Bupati oleh Sekretaris Daerah, Tahlis Gallang, SIP., M.M., yang turut didampingi, Kadis PMD, dan Bagian Hukum.

Baca juga:   Wagub Kandow Serahkan Surat Hibah Tanah untuk Pembangunan RSU Tondano

“SK sudah diserahkan langsung Pak Sekda,” ucap Deker Rompas, Asisten 1 Setda Bolmong.

Dikatakan Deker Rompas, pengaktivan kembali tiga sangadi tersebut, dikarenakan yang menjadi permasalahan sebelumnya terkait dengan pemberhentian dan pengangkatan perangkat yang dinilai bertentangan dengan aturan telah diselesaikan.

“Pada dasarnya ke 3 Sangadi sudah diaktivkan kembali. Karena apa yang menjadi permasalahan, dalam hal ini Pengangkatan dan Pemberhentian terhadap beberapa perangkat desa sudah diselesaikan. Dimana SKnya sudah dicabut,” jelas Deker.

Lanjut Deker, sebelum diaktivkan kembali Tiga Sangadi, Desa Manembo, Singsingon Induk, Singsingon Timur, terlebih dahulu Pemda Bolmong memberikan pembinaan, serta para sangadi yang diaktifkan kembali itu, menandatangani surat pernyataan.

Baca juga:   Fokus Bangun Minahasa, Pemkab Gelar Pertemuan dengan Kepala Balai

“Sebelum ke 3 Sangadi kembali diaktivkan, terlebih dahulu telah dilakukan pembinaan. Dan yang bersangkutan-bersangkutan juga menandatngani surat pernyataan.” Tambah Deker.

Lebih lanjut lagi, Asisten 1 Setda Bolmong, itu berharap dengan adanya kejadian tersebut yang dinilai bertentangan dengan aturan, itu menjadi suatu pembelajaran yang bukan hanya 3 sangadi yang ada di kecamatan Passi Timur, namun juga bagi 197 sangadi lainnya yang ada di Bolmong.

“Harapan kami kiranya kejadian yang lalu menjadi pembelajaran bukan hanya kepada ke 3 Sangadi tersebut, tapi juga untuk 197 Sangadi lainnya.” Terang Deker Rompas, Asisten 1 Setda Bolmong, sembari menambahkan harapannya agar situasi Kamtibmas di ke 3 desa kecamatan Passi Timur, itu tetap terjaga dan terpelihara.

Baca juga:   DPRD Tomohon Menggelar Konpers Terkait PP Nomor 18 Tahun 2017

Seperti diketahui sebelumnya beberapa bulan yang lalu, Pemda Bolmong, mengangkat Pejabat Sementara. Sangadi yang diangkat diantaranya, Sinsingon induk, Adri Momongan menggantikan Franti Rumondo, Helmi M Porukan, Pjs Sangadi Manembo,menggantikan Merdi Porukan, serta Neifi Pesik, Pjs Sangadi Sinsingon Timur, menggantikan Feki Pesik.

(Zul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.