by

Sambut HBP ke-58, Kadiv Pas Kusnali Donor Darah di Rutan Manado Gandeng Sejumlah UPT, Terkumpul 45 Kantong Darah

 

Manadozone || Manado – Puncak dari momen heboh, Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 tahun 2022 sebentar lagi akan dirayakan oleh seluruh jajaran Kemenkumham di seluruh tanah air, tidak terkecuali di daerah Sulawesi Utara.

Berbagai kegiatan menyentuh, terlebih yang bersentuhan langsung dengan masyarakat banyak mulai digulirkan semua komponen Divisi Pemasyarakatan. Teranyar pelaksanaan Donor Darah dalam hajatan yang mengusung thema, “Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK mewujudkan Indonesia Maju” dilaksanakan Kamis (24/03) yang dipusatkan di Aula Rutan Kelas II A, bilangan Malendeng, Paal II, Manado.

Kolaborasi apik lewat sinerjitas, Rutan Manado, Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulut, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Manado, Balai Pemasyarakatan Kelas I Manado, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Kelas I Manado melaksanakan Kegiatan Donor Darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Donor Darah Provinsi Sulawesi Utara. Besarnya minat para petugas yang dimotori langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulut, Kusnali, A.Md.I.P., S.Sos., M.H. beserta jajaran, Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado, Yusep Antonius, A.Md.IP beserta jajaran, Kepala Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara Kelas I Manado, Abdu S. Tilaar, beserta jajaran, Perwakilan dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Manado dan Balai Pemasyarakatan Kelas 1 Manado serta Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano, Margono, berhasil terkumpul 45 kantong darah yang disumbangkan untuk kemanusiaan lewat ke Palang Merah Indonesia Sulut.

Baca juga:   Lepas 37 Calon Praja IPDN, Ini Pesan Wagub Steven Kandouw

Pada kesempatan itu Kadiv Pas, Kusnali, menjelaskan melalui kegiatan Donor Darah ini, mudah-mudahan memberikan sumbangsih dan sebagai wujud kepedulian dari jajaran Pemasyarakatan dapat memberi makna untuk keselamatan sesama manusia. Hal seanada diutarakan Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado, Yusep Antonius, A.Md.IP., S.Pd., M.Si. ‘’Mudah-mudahan kegiatan ini dapat membantu sesama yang membutuhkan transfusi darah. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan pemasyarakatan bisa berkontribusi untuk menolong mereka yang membutuhkan,’’ ujarnya.

Selain Kadiv Pas yang pertama melakukan donor, para Kepala UPT, jajaran Rutan Manado, sejumlah Warga Binaaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di Rutan Manado juga terlibat dalam pelaksanaan Donor Darah tersebut. “Total pendonor ada 45 orang, 21 pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulut dan 24 Warga Binaan Pemasyarakatan,” jelas Kusnali.

Baca juga:   HUT ke-1 Pokdar Kamtibmas, Kapolda Himbau Jaga Keamanan Dimasa Pandemi

Selain Donor Darah, nantinya seluruh unit pelaksana teknis (UPT) Kanwil Kemenkumham Sulut juga akan memberikan bantuan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sekitar.
Khusus untuk Rutan Manado, menurut Ka Rutan Yusep Antonius, ada sejumlah agenda yang akan dilaksanakan seperti bagi-bagi sembako untuk warga sekitar yang kurang mampu, terutama terdampak Covid-19.(JPM)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.