by

Secara Daring Walikota Senduk Buka Musrembang RKPD Kota Tomohon Tahun 2023

Manadozone||Tomohon – Bertemoat di Kantor Walukota Tomohon. Senin (22/03/2022) Wali kota Tomohon Caroll Senduk, SH, melalui daring, mengikuti, sekaligus membuka pelaksanaan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSREMBANG) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon Tahun 2023, diikuti pihak yang terkait.

MUSRENBANG ini,  merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD.

Sebagai tema dari pembangunan kota Tomohon tahun 2023 adalah “Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan yang Berwawasan Lingkungan, Kualitas SDM, serta pemulihan ekonomi. Juga disertai dengan beberapa program prioritas pembangunan yang nantinya akan dijabarkan dan dilaksanakan oleh perangkat daerah. Alasan pemilihan tema ini ialah dengan memperhatikan isu-isu strategis, dan dengan menggunakan pendekatan holistik-tematik, integratif, dan spasial.

Baca juga:   Dari 169 Calon Paskibraka, 80 Peserta Masuk Tahapan Selaksi Selanjutnya

Kesempatan tersebut, Dalam sambutannya Walikota Senduk mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan kota Tomohon yang maju, berdaya saing dan sejahtera, yang akan dilaksanakan melalui perwujudan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal, kemampuan berdaya saing, inovatif, dan pelayanan publik yang prima demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan tata kelola pemerintahan yang semakin baik” .

Walikota Senduk, meminta kepada seluruh perangkat daerah serta stakeholder yang terkait untuk berpikir terbuka,memiliki visi kedepan, terintegratif, dan inovatif dalam proses penyusunan RKPD kota Tomohon tahun 2023 supaya penyelengaraan pembangungan pada tahun 2023 akan semakin lebih terarah dan akuntabel. Dan berharap bahwa aspirasi masyarakat/ stakeholder terkait dan pokok-pokok pikiran dari DPRD kota Tomohon akan menjadi saran dan kesan dalam menyusun RKPD kota Tomohon.

Baca juga:   Peduli Dampak Covid-19, Kasat Lantas Polres Tomohon Bagikan APD

Pada khir kegiatan ini,  Kaban Kepala Bapelitbangda Drs. Daniel Pontonuwu, dalam laporannya, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendapatkan masukkan dan saran dari delegasi kecamatan (Perwakilan Masyarakat),Pemangku Kepentingan, Tokoh-tokoh Masyarakat dan Perangkat Daerah dalam penyempurnaan rancangan RKPD kota Tomohon tahun 2023. Dan untuk mendapatkan berita acara kesepakatan tentang masukan dan saran penyempurnaan yang ditanda tanganinya oleh Kepala Daerah Kota Tomohon, Sekretaris daerah kota Tomohon, Bapelitbangda kota Tomohon, Perwakilan Lembaga/Organisasi Pemerintah/Kemasyarakatan dan Delegasi Kecamatan. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 200 orang, terdiri dari Pimpinan dan anggota DPRD , Perangkat daerah , Delegasi Kecamatan (Perwakilan Masyarakat), Toko Agama,dan Toko Masyarakat serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kota Tomohon, Dirjen Bina Pembangunan Daerah, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan narasumber/ pemateri kegiatan.

Baca juga:   Sekdakot Lolowang Wakili Walikota Eman Pada Rapat Paripurna Tutup dan Buka Masa Persidangan 2018

(R/Rdk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.