Ketua TP-PKK Kota Tomohon Jeand’arc Senduk-Karundeng Dikukuhkan Sebagai Bunda Literasi Kota Tomohon

Mnadozone||Tomohon – Ketua TP-PKK Kota Tomohon Ibu drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng, menghadiri kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat untuk Kesejahteraan, Pengukuhan Bunda Literasi Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta Penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Pemerintah dan Perguruan Tinggi Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2022

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (22/03/2022), ini dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Ibu Ofy Sofiana, M.Hum, Anggota Komisi X DPR-RI Ibu Vanda Sarundajang, S.S., Bupati/Walikota Se- Sulawesi Utara, Bunda Literasi Kabupaten/Kota Se- Sulawesi Utara, Pejabat di Lingkup Provinsi Sulawesi Utara, Pimpinan Universitas/Perguruan Tinggi, Pimpinan Perbankan dan Pimpinan Instansi Vertikal.

Baca juga:   Walikota Eman Kukuhkan Paskibraka Kota Tomohon

 

Kegiatan ini, Jeand’arc Senduk-Karundeng dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kota Tomohon oleh Bunda Literasi Provinsi Sulawesi Utara Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan. Pengukuhan dilanjutkan dengan penyematan selempang Bunda Literasi oleh Ibu Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan kepada Ibu drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Steven Kandouw , mengatakan dalam rangka mewujudkan SDM Unggul untuk Indonesia Maju, literasi menjadi faktor esensial dalam upaya membangun masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkarakter. Di samping itu, sebagai upaya mendukung terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Presidensi G20 ke-17. Mengingat, sebagai satu-satunya Negara Asia Tenggara yang menjadi Anggota G20, ini menjadi agenda yang sangat penting bagi Indonesia.

Baca juga:   Kadis Diskominfo Roeroe Kukuhkan Jurnalis Tomohon Hebat

Dijelaskan Kandouw, selaras dengan RPJMN 2020-2024, salah satu arah pembangunan SDM adalah penguatan budaya literasi, inovasi, kreativitas dalam mewujudkan masyarakat berpengetahuan dan berkarakter, yang juga sejalan dengan tujuan G20 yaitu mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif, serta sejalan dengan tema G20 tahun 2022, yaitu Recover Together, Recover Stronger”. Melalui tema tersebut, Indonesia ingin mengajak seluruh dunia untuk bahu-membahu,
saling mendukung untuk pulih bersama serta
tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan terutama lewat pencapaian sasaran strategis untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat sebagai bagian terpenting dalam penguatan budaya literasi.

Diterangkan Kandouw, melalui penguatan budaya literasi diharapkan pemulihan serta pertumbuhan berkelanjutan akan terlaksana, karena dibangun secara integratif, holistik, tematik dan partisipatif seluruh pemangku kepentingan bangsa, dari sisi hulu dan hilir, dengan integrasi penyediaan akses bahan bacaan bagi masyarakat.

Baca juga:   Wakapolda Sulut Tinjau Lokasi Banjir di Manado

“Dalam konteks itulah, maka Bunda Literasi diharapkan akan menjalankan peran secara optimal. MoU yang ditandatangani hari ini, akan menjadi tanda kokohnya komitmen kita semua. Dan Talkshow yang akan kita ikuti bersama, akan kita manfaatkan untuk satu tujuan yang sama, meningkatkan indeks literasi, serta meningkatkan kualitas manusia Sulawesi Utara, untuk menuju Sulawesi Utara maju dan sejahtera, sebagai pintu gerbang Indonesia ke Asia Pasifik. Kata Wagub Kandouw. (**/Rdk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *