by

Berdasarkan Kajian, Pemberian Gelar Adat Disematkan ke Bupati Bolmong

BOLMONG, manadozone.com — Berdasarkan hasil kesepakatan dan kajian bersama dalam musyawarah Mobakid yang dilaksanakan di 15 Kecamatan se-Bolaang Mongondow (Bolmong) secara serentak Jumat (18/03/2022) dalam waktu dekat akan memberikan gelar adat tertinggi (Ki Sinungkadan) ke Bupati Bolaang Mongondow.

Hal tersebut dikatakan Chairun Mokoginta, Ketua Lembaga Warisan Budaya Bolaang Mongondow Raya (LWB BMR). Dengan mengatakan itu sudah sesuai dengan kajian dan kesepakatan musyawarah Mobakid yang dilaksanakan di tiap kecamatan dan diikuti semua perwakilan adat di 200 desa, 2 kelurahan yang dipimpin Pemangku adat di Kecamatan, yang melekat ke masing-masing Camat.

Baca juga:   ROR Kembali Jabat Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Wilayah Sulut 

Menurut Chairun Mokoginta, Tokoh Adat Bolmong yang juga Ketua Lembaga Warisan Budaya Bolaang Mongondow Raya (LWB_BMR) sebelum pelaksanaan pemberian, terlebih dahulu dilakukan kajian yang kemudian menjadi suatu kesepakanan bahwa pemangku adat tertinggi melekat ke Bupati Bolaang Mongondow Dra.Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow

“Tahapannya didahului musyawarah mobakid di wilayah. Dimana hasil kesepakatan musyawarah mobakid tersebut  diteruskan ke kabupaten untuk ditindaklanjuti oleh pemangku adat dalam pemberian gelar,” ucap Ketua LWB BMR.

Sementara itu Murdiono Mokoginta  selaku Ketua Lembaga Study Sejarah Bolaang Mongondow Raya (PS2BMR), mengatakan berdasarkan kajian tim dan usulan beberapa tokoh daerah, pemberian gelar adat ini sangat layak disematkan ke Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow.

Baca juga:   Walikota Kotamobagu Hambau Warga Dapat Manfaat IT dengan Baik

Dikatakan Murdiono, berdasarkan penilaian dan kajian, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, sebelumnya telah berkontribusi besar bagi pembangunan masyarakat di Bolaang Mongondow, sejak dirinya menjabat selaku Ketua Komisi V DPR RI, hingga menjabat Bupati Bolaang Mongondow.

Lebih lanjut lagi dikatakannya, 15 pemangku adat kecamatan dan perwakilan Desa merekomendasikan  serta menyepakati hasil Mobakid pemberian gelar. Selain itu Ki Sinungkudan Bolaang Mongondow mampu membawa perubahan dalam kemajuan daerah Bolaang Mongondow seperti hadirnya Kawasan Industri Mongondow (KIMONG), Pembangunan Bandar Udara Loloda Mokoagow, Pembangunan Waduk Pindol, Terminal Tipe A di Lolak, serta pembangunan lainnya yang terus dimaksimalkannya.

Baca juga:   Polres Bolmut Ciduk Tersangka Penganiayaan Anggota Polisi

“Dari penilaian tersebut maka atas dedikasi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow yang tulus ikhlas membangun daerah maka pemangku-pemangku adat bersepakat memberikan gelar adat. Insya Allah, pelaksanaan prosesi gelar adat dilaksanakan Senin besok di ibu kota lolak.” Ungkap Chairun dan Murdiono Mokoginta

(*/Zul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.