by

Peduli Nasib Rakyat, Partai Perindo Beri Solusi Turunkan Harga Minyak Goreng

Editor: Jimmy Endey

Manadozone || Jakarta – Kelangkaan dan naiknya harga minyak goreng membuat keresahan masyarakat saat ini. Meski pemerintah telah berupaya menangani hap tersebut namun hingga kini kelangkaan dan melambungnya harga minyak goreng seakan tak terkendali. Juru Dia menuturkan, akan melakukan langkah konkret jika Partai Perindo diberikan kesempatan membuat kebijakan terkait pengaturan minyak goreng.

Salah satunya, kata dia akan meminta kepada setiap perusahaan minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) untuk mewajibkan sebagian produknya dengan harga dibatasi Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Bidang Sosial dan Kesejahteraan Rakyat Yerry Tawalujan memberikan usulan solutif guna pengendalian harga minyak goreng.

Baca juga:   Pemkab Koordinasikan Pemanfaatan dan Penanggulangan Eceng Gondok Danau Tondano

Menurutnya ada 4 hal yang perlu dilakukan pemerintah guna menekan harga minyak goreng.

Pertama, 25% total produksi Crude Palm Oil (CPO) harus dijual di dalam negeri mengikuti Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Kedua, sisanya 75% produksi CPO bisa mengikuti harga pasar.

Ketiga, pemerintah harus berani dan tegas mengendalikan harga CPO, karena harganya memang sangat tinggi. Jika tidak dikendalikan, sulit untuk membuat harga minyak goreng turun.

Keempat, kebijakan ini tidak akan merugikan pengusaha dan produsen CPO, karena keuntungan dari kelapa sawit sangat tinggi akibat kenaikan harga, sedangkan biaya produksi tetap sama.

Baca juga:   BKSUK Mogoyunggung Gelar Ibadah Perayaan HUT ke-47 Wabup Bolmong

“Partai Perindo sangat berpihak pada rakyat kecil. Kami tidak rela melihat perusahaan kelapa sawit panen luar biasa, tapi di sisi lain rakyat susah,” tukas pria berdarah Kawanua ini pada Sabtu (19/3/2022).

Yerry menegaskan pemerintah harus berani membuat kebijakan ini, karena biaya hidup masyarakat meningkat padahal daya beli masih rendah akibat terdampak pandemi.

“Kalau harga minyak goreng dibuka mengikuti harga pasar seperti sekarang, biaya hidup masyarakat akan tambah meningkat. Hal ini tidak boleh terjadi. Kami Partai Perindo akan berjuang supaya masyarakat tidak terbebani dan harga minyak goreng terkendali,” pungkas Tawalujan.

Baca juga:   Ketua Umum KKK Angelica Tengker Diskusi Bersama Kepala Staf Presiden

Sebelumnya Ketua Umum Hary Tanoe juga sempat menyampaikan keprihatinannya atas kondisi tersebut. Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo saat memberikan sambutan secara virtual pada Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) DPW Partai Perindo Sulawesi Tengah (Sulteng), Sabtu (19/3/2022).

Dia menuturkan, akan melakukan langkah konkret jika Partai Perindo diberikan kesempatan membuat kebijakan terkait pengaturan minyak goreng.

Salah satunya, kata dia akan meminta kepada setiap perusahaan minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) untuk mewajibkan sebagian produknya dengan harga dibatasi.(JME)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.