by

Survey Kepercayaan Publik ke Polisi Capai 80,2 ℅, SPI ke Polda Sulut: Terus Tingkatkan Profesionalisme

Manado, Manadozone.com – Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan tingkat kepercayaan publik terhadap Polri mencapai 80,2 persen. Ini prestasi yang sangat membanggakan bagi Korps Bahayangkara dibawah Komando Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Dalam satu dekade terakhir, capaian opini publik terhadap institusi ini selalu dibawah 80 persen. Artinya, selama sepuluh tahun terakhir tingkat kepercayaan masyarakat belum terlalu besar.

Atas prestasi tersebut, Ketua DPW Sahabat Polisi Indonesia (SPI) Sulawesi Utara, Tomy Lasut, mengapresiasi kinerja Polri termasuk Polda Sulawesi Utara. “Ini capaian yang luar biasa. Institusi Polri terus berbenah menjadi lebih profesional termasuk didalamnya Polda Sulawesi Utara. Saya kira ini adalah momentum bagi Polda Sulut untuk terus meningkatkan profesionalisme dalam fungsinya sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia,” jelas Lasut kepada Manadozone.com,

Baca juga:   Sambut HUT ke-77 RI, Kapolda Bersama Forkopimda Sulut Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kairagi

Kamis, (9/12/2021).

Proses-proses penegakkan hukum yang berkeadilan, pengawasan terhadap kinerja anggota, hubungan sosial dengan masyarakat, dan upaya menciptakan rasa aman di wilayahnya menjadi catatan penting yang harus terus ditingkatkan.
“Ini beberapa point yang cukup krusial dalam upaya mendapatkan simpati dan empati masyarakat. Saya percaya dibawah kepemimpinan Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno dan Wakapolda Brigjen Pol Johnnya Edizzon Isir, jajarannya akan selalu bergerak dalam satu semangat transformasi Prediktif sebagaimana konsep Kapolri,” pungkasnya.

Indikator Politik Indonesia sendiri dalam melakukan survey melakukan penarikan sampel dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden mencapai 2.020 orang.
Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga:   Pemkot Manado Seleksi Kepala Lingkungan Periode 2018

Berikut survei kepercayaan masyarakat terhadap Polri:

Tahun 2014 (57,5 persen),
2015 (68,6 persen),
2016 (73,2 persen),
2017 (76,5 persen),
2018 (79,8 persen),
2019 (80 persen),
2020 (72 persen)
(Red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.