Terima Kasih Edwin Silangen, Ini Pesan Bagi ASN

Manado, manadozone – Suasana haru bercampur bahagia terlihat dalam kegiatan olahraga pagi jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, di Lapangan Kantor Gubernur, Jumat (29/10/2021).

Ya, momen tersebut menjadi ajang pamitan bagi Edwin Silangen yang akan mengakhir tugas sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Per 1 November, sosok yang dikenal bersahaja ini akan memasuki purna tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada Edwin Silangen, para pejabat Pemprov Sulut mengenakan kaus berwarna merah bernomor dan bertuliskan ‘EHS’ (inisial nama Silangen-red).

“Pak Sekprov Edwin merupakan pejabat yang disiplin namun sangat bersahaja. Kami berterima kasih atas bimbingan dan arahan selama ini,” ujar sejumlah ASN di Sekretariat Daerah Pemprov Sulut.

Baca juga:   Gubernur OD Hadiri Ibadah Pemekaran Wilayah Lokon Empung di Tomohon

Dalam sambutannya, Silangen menyampaikan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepadanya selama mengabdi sebagai seorang birokrat.

“Terima kasih juga kepada para pejabat lingkup Pemprov Sulut, baik eselon II, III dan IV, serta seluruh staf yang selama ini telah banyak membantu dan menunjang aktivitas dan tugas Saya sebagai Sekprov,” ujar Silangen.

Ia mengungkapkan, sebagai ASN selama 32 tahun, hampir separuhnya dihabiskan sebagai pejabat eselon II.
“Sementara untuk pejabat eselon I, dijabat selama 5 tahun,” ungkapnya.

Dalam karir birokrasinya Silangen pernah ditugaskan sebagai Penjabat Bupati Minut pada tahun 2005, serta ikut dan kemudian lulus dalam PIM 1. Selain itu, sebelum menjabat Sekdaprov Sulut, Silangen kerap dipercayakan mengemban sejumlah jabatan strategis, seperti Kadis Pariwisata, Kadis Pendapatan, Asisten I, Asisten III, Kaban Lingkungan Hidup, hingga Kaban Kesatuan Bangsa dan Politik.
Ia bahkan pernah ditugaskan sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sulut selama 5 hari.

Baca juga:   Sekdakot Lolowang Lakukan Sidak Terkait Kinerja

“Dalam pemerintahan ada estafet. Setiap masa ada orangnya, setiap orang ada masanya. Waktu Tuhan pastilah yang terbaik,” terang Silangen.
Ia berpesan kepada teman-teman ASN yang ada untuk selalu menjaga kekompakan sekalipun berbeda persepsi. “Ini hal yang wajar, jangan dilihat secara negatifnya. Kita harus selalu ingat positif thinking,” pesannya.

Ia menambahkan, setelah pensiun ia akan berkonsentrasi kepada jabatan baru yang dipercayakan Gubernur Olly Dondokambey kepadanya, yakni sebagai Komisaris Utama PT Bank SulutGo

“Masa pensiun juga membuat Saya memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga, terlebih cucu. Saya kan sudah masuk dalam klub opa-opa sayang cucu,” canda Silangen.

Baca juga:   Pemkab Minahasa Hibahkan Rp600 Jt untuk Biro Logistik Polda Sulut

Selesai sambutan, pejabat eselon III berbaris dan membentuk formasi dengan mengangkat balon bertuliskan Edwin Silangen we love you.

Sebagai tanda kasih, istri Wagub memberi karangan bunga kepada Ivonne Silangen Lombok dan Gemmy Kawatu memberi bunga kepada Edwin Silangen
Acara diakhiri atraksi Pencak Silat dan Anggar. Sementara doa Syukur dibawakan oleh Pastor Chris Santi.

Turut hadir Staf dan THL lingkup Pemprov. Diketahui, posisi Silangen sebagai Sekdaprov Sulut akan digantikan oleh Asisten III Asiano Gemmy Kawatu sebagai Plh.(mhk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *