by

Nakes di Bolmong Ujung Tombak, Meski Refocusing Gaji Terbayar Maksimal

BOLMONG, manadozone.com — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Datoe Binangkang, menyampaikan telah menyediakan anggaran untuk insentif para Tenaga Kesehatan (Nakes) dalam penanggulangan wabah, pandemic Covid-19.

Sebab, dikatakan dr Deby Kullo, Diektur Utama RSUD Datoe Binangkang para Tenaga Kesehatan (Nakes) merupakan ujung tombak dalam melayani pasien Covid-19,  khususnya yang berada di rumah sakit, yangtelah disiapkan insentifnya oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Insentih yang disediakan ke para Nakes, dikatakannya lagi, itu sebagai bentuk penghargaan kepada mereka yang rela dan ikhlas mengorbankan waktu dan tenaga untuk merawat pasien Covid-19, baik resiko tertular ataupun berujung pada kematian.

Baca juga:   Terpilih Kutua Remaja, Wawali SAS Himbau Remaja Untuk Berkarakter Seperti Kristus

Sehingga dirinya mengatakan Pemda Bolmong pun menyediakan anggaran insentif nakes sebesar Rp 7,2 juta. Terbagi untuk nakes yang menangani pasien Covid-19 dan tenaga vaksinator.

“Jadi setiap proses pembayaran harus berdasarkan ketentuan hukum yang ada, karena akan melalui proses audit keuangan,” kata dr Deby, Rabu (20/10/2021).

Lanjut dr Debby Kulo, mengungkapkan, Proses pembayaran insentif nakes mengacu pada KMK Nomor HK.01.07/MENKES/4239/2021 tentang pemberian insentif dan santunan kematian bagi tenaga Kesehatan yang menangani Covid-19. Yang besaran insentif tersebut bagi dokter ahli Rp 15 juta, Dokter umum/dokter gigi Rp 10 juta, Bidan/perawat Rp 7,5 juta dan nakes lainnya Rp 5 juta.

Baca juga:   Wakil Bupati Minahasa Ikut Buka Puasa Bersama Pemprov Sulut

Sehingga, lanjut dr Deby menjelaskan, besaran tersebut merupakan batas tertinggi dan dibayarkan dengan memperhatikan prinsip akuntabilitas, efektif dan efisien.

“Jadi dalam proses pembayaran insentif nakes terlebih dahulu menghitung kebutuhan jumlah nakes yang diusulkan. Dihitung jumlah rasio pasien yang terkonfirmasi Covid-19, berdasarkan laporan SIRS Online,” ulasnya.

Ia menambahkan, pada tahun 2021 ini juga, kesejahteraan nakes Bolmong telah diperhatikan oleh Pemkab Bolmong dengan menaikkan TPP staf fungsional di RSUD Datoe Binangkang, dimana hanya staf fungsional Rumah Sakit yang mendapatkan kenaikan TPP. Selain itu juga, THL perawat/bidan, analis, PTTD, farmasi, rekam medik dan Kesling mendapatkan kenaikan honor yang signifikan dibanding dengan daerah sekitar.

Baca juga:   RD dan Wakil Ketua TP-PKK Minahass Dampingi Gubernur dalam Ibadah Pengucapan Syukur dan Peresmian Gedung Pastori

“Meski  anggaran di refocusing tahun ini, namun tidak mengurangi gaji para tenaga Kesehatan tersebut,” tutur dr Deby.

(Zul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed