by

Pemkot Manado Blokir KIS/BPJS Kesehatan Sepihak

 

MANADO, manadozone.com – Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), memblokir Kartu Indonesia Sehat (KIS)/BPJS kesehatan yang diberikan kepada warga, sepihak. Padahal KIS/BPJS Kesehatan tersebut diperoleh lewat Program sejuta Kartu sejuta KIS oleh Presiden Ir Joko Widodo.

“Jujur saya sebagai pasien kaget. Kok KIS/BPJS kesehatan terblokir, tidak bisa digunakan lagi bulan Oktober. Info yang saya dapat dari rumah sakit sudah diiblokir oleh BPJS kesehatan Manado, sejak akhir September 2021. Ini aneh,” kata Voucke Lontaan, seorang pasisen rumah sakit. Advent Teling Manado, kemarin. (15/10)

Baca juga:   Peduli Tenaga Medis, Pemda Bolmong Kucurkan Anggaran 20 Miliar Pengadaan APD

Voucke menggaku sangat sesalkan dengan kebijakan Pemerintah Kota Manado tersebut. “KIS BPJS Kesehatan itu kan menggunakan dana APBN. Kok semena-mena diblokir Pemkot Manado, Pak Wali Kota dananya kemanakan? Ini program Pemerintah nasional, bukan program pemerintah kota gunakan APBD,” tegas Voucke.

Apalagi, lanjut Vouke, Pemerintah melakukan pemblokiran tanpa pemberitahuan pemegang Karta kesehatan tersebut.

“Misalnya, ada pemegang kartu seperti saya mendadak sakit terus nanti di rumah sakit baru ketahuan kartu kesehatannya sudah diblokir, sementara pasiennya sekarat, pasti dibiarkan. Saya alami itu nanti diberikan dana deposito baru diobati. Ini masalah kemanusiaan. Wali kota Manado setahu saya orang cerdas. Tetapi kenapa buat kebijakan merugikan banyak orang. Bukan hanya saya yang mengalami masalah seperti ini,”tegas Voucke yang juga Ketua PWI Sulut. (adm)

Baca juga:   Melalui Rapat Paripurna, Walikota Lumentut Sampaikan LKPJ 2017

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed