Launching Kredit Bohusami, Wawali Lumentut Apresiasi BSG

Tomohon506 Dilihat

 

TOMOHON, manadozone.com – Wakil walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE menghadiri kegiatan Launching Kredit Bohusami Ba’Kobong Sereh Wangi di Kabupaten Minahasa
yang bertempat di Desa Tountimomor, Kec. Kakas di Perkebunan eks Pacuan Kuda yang diselenggarakan oleh
Bank SulutGo. (14/10)

Kesempatan tersebut Wakil Walikota Wenny Lumentut mengapresiasi langkah dari Bank SulutGo (BSG) dalam memajukan Sulut khususnya di Kota Tomohon.

“Pemerintah Kota Tomohon tentu memberikan apresiasi kepada Bank SulutGo yang telah membantu para petani dan peternak serta UMKM Khususnya para petani,” kata WL sapaan akrab Wawali Tomohon.

“Dengan adanya KUR Bohusami Bakobong,motivasi para petani akan semakin meningkat dan tanaman ini akan mengalami peningkatan serta pendapatan petani diharapkan akan meningkat pula.” tandasnya.

Baca juga:   Walikota Senduk Harap Pelatihan PSC 119 Agar Petugas Semakin Hebat

Diketahui, Bank SulutGo menyiapkan tiga jenis KUR yaitu bohusami bakobong, bohusami baternak dan bohusami basoma (nelayan).

Menjawab persoalan dan melihat potensi besar yang dimiliki daerah Sulawesi Utara maka, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Wilayah Sulut dan Gorontalo (BSG) meluncurkan jenis pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) “Bohusami Bakobong”, dengan skema pembiayaan yang aman, murah dan cepat, di Kabupaten Minahasa.

Pada kesempatan ini Direktur Utama (Dirut) BSG Revino Pepah menekankan, Bohusami Bakobong dan Bohusami Beternak merupakan terobosan BSG dalam meningkatkan kesejahteraan para petani, peternak serta pelaku UMKM.

Karena Industri pertanian dan peternakan di Sulawesi Utara (Sulut) memiliki potensi yang sangat besar. Maka perlu adanya terobosan baru dan modal usaha.

Baca juga:   Pemkot Tomohon Gelar Apel Peringati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2017

Sehingga masih banyak para pekerja di Industri ini yang belum merasakan kesejahteraan. Karena kurangnya permodalan, pengetahuan belum lagi diperhadapkan dengan adanya penipuan pinjaman yang marak terjadi.

Oleh karena itu Dirut Pepah memastikan bahwa ekosistem pembiayaan ini murah, aman dan melalui proses yang cepat, dan BSG optimis sektor ini akan semakin tumbuh dan kuat untuk menopang ekonomi di Sulut dan Gorontalo,”

Pada kesempatan ini Kepala OJK Sulutgomalut, Darwisman turut memberikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan BSG dalam bidang pembiayaan pertanian ini. Utamanya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mewujudkan kemandirian ekonomi dan kedaulatan pangan.

Baca juga:   Walikota dan Wawali Tomohon Hadiri HUT ke-22 Jemaat GMIM Nasaret Matani

Atas dasar itu Bank SulutGo melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah telah menginisiasi berbagai program termasuk ‘ Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir’ yang langsung bersentuhan dengan masyarakat khususnya petani, peternak dan UMKM.

Bohusami Bakobong adalah bukti nyata BSG dalam memberikan kontribusi untuk pengembangan ekonomi daerah.
“BSG memberikan kontribusi yang positif untuk pengembangan ekonomi di Daerah, sehingga Bohusami Bakobong ini bisa bermanfaat dan dimanfaatkan dengan baik oleh para petani dan peternak serta UMKM.

Kegiatan ini di buka oleh Bupati Minahasa, dihadiri Wakil Bupati Minahasa, Ketua OJK Kepala Kantor Perwakilan BI, Dirut BSG. (adm)