Musrenbang RPJMD 2021-2026, CS-WL Harap Semua Elemen Untuk Saling Berkordinasi dan Bekerjasama Untuk Mewujudkan Kota Tomohon Lebih Baik

Manadozone||Tomohon – Walikota Tomohon  Caroll J A Senduk SH, menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (RPJMD) (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Tomohon Tahun 2021-2026, bertempat di Command Center MPP Wale Kabasaran Tomohon. Senin (12/7/2021).

 

Dalam sambutannya, Walikota Senduk, menjelaskan bahwa tahapan Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati rancangan RPJMD Kota Tomohon Tahun 2021-2026.

Dijelaskan Senduk, melalui forum ini semoga dapat menghasilkan kesepakatan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan ini.

Dikatakan juga, untuk mewujudkan sasaran pembangunan jangka menengah daerah Kota Tomohon, maka kebijakan dan prioritas pembangunan yang disepakati dalam Musrenbang ini diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi kami sebagai kepala daerah untuk kurun waktu perencanaan pembangunan selama 5 tahun ke depan, juga untuk mendukung pencapaian visi misi pembangunan Provinsi Sulawesi Utara dan tentunya akan berkontribusi nyata di tingkat Nasional.

Baca juga:   Walikota Eman Hadiri Sekaligus Membuka Pelatihan Peningkatan Perkebunan dan Peternak

“Kepada seluruh lembaga dan komponen masyarakat kami mengajak untuk  bersama-sama mewujudkan Kota Tomohon yang maju, berdaya saing, dan sejahtera, meskipun saat ini kita sedang berada dalam kondisi yang kurang baik sebagai dampak dari pandemi covid-19, maka kita perlu bergandengan tangan dan bersatu untuk membangun Kota Tomohon yang kita cintai bersama.” ajak Senduk.

Senduk berharap, seluruh pimpinan dan aparatur di Perangkat Daerah serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, terintegratif dan inovatif, dan besar harapan kami, para Kepala Perangkat Daerah dan jajarannya dapat berperan secara optimal dalam mengawal program dan kegiatan strategis sebagaimana tertuang dalam rancangan RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 sehingga menghasilkan output kegiatan pembangunan yang lebih baik dan memberikan kontribusi terhadap pemenuhan Indikator Kinerja Daerah (IKD) juga evaluasi kinerja daerah berdasarkan data-data yang akurat sesuai dengan tanggung jawab, tugas dan fungsi masing-masing Perangkat Daerah, yang akan dituangkan dalam dokumen rencana strategis  (renstra) Perangkat Daerah.

Baca juga:   Gugus Tugas Covid-19 : Hingga Hari Ini PDP di Tomohon 29 orang

Sementara, Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE lewat vidcon, mengatakan untuk mewujudkan visi dan misi kami selaku Walikota dan Wakil Walikota, adalah bekerja bersama, bahu membahu bersama seluruh elemen masyarakat Tomohon, koordinasi yang selaras dan seimbang Pemerintah Provinsi Sulut dan pemerintah pusat menuju Tomohon maju berdaya saing dan sejahtera.

 

Kegiatan ini, sebelumnya Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Drs Daniel Pontonuwu MAP dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memperoleh masukan penyempurnaan rancangan RPJMD, sedangkan untuk peserta kegiatan yakni unsur Perangkat Daerah Kota Tomohon, Akademisi dan perwakilan masyarakat.

Baca juga:   Program ITF Diikuti 124 Peserta Guru SD dan SMP

 

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan, mewakili Dirjen Bangda Kemendagri Direktur Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Drs Nyoto Suwignyo MM, Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE, Ketua PN Tondano Nova Loura Sasube SH MH, Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot SIK MH, Perwira Penghubung Kota Tomohon Mayor Inf Vino Onibala mewakili Dandim 1302 Minahasa, Kajari Tomohon Fien Ering SH MH.

 

Akhir kegiatan inidilakukan , penandatanganan berita acara Musrenbang oleh Walikota Tomohon, Ketua FKUB Kota Tomohon Pdt Senduk G A Roeroe MTh mewakili tokoh agama, Kadis Kominfo Kota Tomohon Novi Politon SE MM mewakili Kepala Perangkat Daerah, bersama unsur terkait yang ikut vidcon.

(R/Rdk)