Categories
Berita Utama Bolmong Featured Nasional Peristiwa

Bupati Bolmong Gelar Rapat Virtual Bersama Para Sangadi dan Camat

BOLMONG, manadozone.com — Bupati Bolaang Mongondwo Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, kamis (10/06/2021) memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) melalui Via Virtual Zoom Meeting, dengan para sangadi (Kepala desa-Red) yang dilaksanakan di pendopo kantor daerah.

Kepada para wartawan, mewakili Bupati Bolmong Dra Hj Yasti S mokoagow, Kepala Dinas pemberdayaan Masyarakat Desa, Dr Deyselin Wongkar SE, MSi, mengatakan, Rakor yang dilaksanakan membahas berbagai masukan yang ada terkait di desa.

Dikatakan Kadis PMD Bolmong, hal pertama yang menjadi pembicaraan dalam Rakor yang dipimpin Bupati Bolmong, adalah terkait dengan permasalahan atau kendala dengan penyaluran dana desa. Dimana sampai saat ini sudah ada desa yang telah melakukan penyaluran dana desa tahap sementara yang lain belum.

Baca juga:   Ketua DPRD Bolmong Tanggapi Mosi Tak Percaya yang Dilayangkan Empat Fraksi

“Jadi diharapkan Desa yang lain juga harus bisa sesegerah mungkin melengkapi dokumen persyaratan untuk penyaluran dana desa,” ucap Kadis PMD Bolmong.

Pembahasan yang lainnya juga terkait dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dievaluasi kembali, guna memastikan apakah BLT apakah tepat sasaran.

“BLT Dievaluasi Kembali Apakah sudah tetap sasaran. Dan Padat Karya Tunai 50%, Diarahkan Untuk lahan tidur yang ada Didesa untuk bisa dikembangkan dengan cara dikelola dan mempekerjakan masyarakat,” tambahnya.

Pembahasan yang lainya juga terkait dengan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala desa (Pilkades) di 96 Desa yang ada di Bolmong, dengan alokasi anggaran tahun 2021 yang telah ada sebanyak 1,6 Miliar, yang harus dievaluasi kembali disebabkan adanya Permendagri yang baru, sehubungan dengan pemilihan Kepala Desa.

Baca juga:   Partisipasi Indonesia Di Festival Belanja Online Terbesar Sedunia

“Dimana jumlah pemilih maksimal 500 Penduduk 1 TPS. Dan apabila lebih dari 500 harus 2 TPS. Hal tersebut mempengaruh anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilsang naik hingga kurang Lebih 90%

Sehingga dikatakan Kadis PMD Bolmong, harus ada penambahan anggaran sekitar 1,5M Untuk biaya TPS yang bertambah, Sebab dengan begitu lanjutnya mengatakan, bahwa otomatis petugas TPS bertamba maka Honor untuk Petugas TPS juga bertambah.

“Oleh karena itu Sehubungan dengan Pilsang akan dikoordinasikan dengan Pihak Provinsi, Apakah untuk Desa yang tidak ada Kasus Covid bisa dilakukan dengan 1 TPS hingga bisa meminimalisir kebutuhan anggaran,” terang Kadis PMD Bolmong.

Baca juga:   Masyarakat Minahasa Terima 707 Sertifikat Tanah dari ROR

Kemudian lanjutnya lagi mengatakan dalam rakor dengan para sangadi dan camat, Bupati Bolmong menyampaikan rencana berkantor di desa.

“Bulan Juli Ibu Bupati akan Berkantor Didesa.” Tutupnya.

(Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *