Categories
Berita Utama Bolmong Featured Nasional Peristiwa

Gandeng BPSDMP, Diskominfo Bolmong Gelar Pelatihan DEA Bagi Pelaku UMKM

BOLMONG, manadozone.com — Dinilai sangat penting dan sesuai dengan perkembangan jaman, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomfo) Kamis (10/06/2021) menggelar kegiatan pelatihan Digital Enterprenuership Academy (DEA) bagi 50 para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Sutan Raja, Kotamobagu, bekerjasama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Manado, itu dibuka langsung oleh Zainudin Paputungan, Asisten II Setda Bolmong, bidang Perekomonian dan Pembangunan.

Baca juga:   Dampak Covid-19, Polres Kotamobagu Salurkan Bantuan ke Warga

Dalam sambutan Zainudin Paputungan, Asisiten II Setda Bolmong, mewakili Bupati Dra Hj Yasti S Mokoagow, menyampaikan apresiasi, menyambut baik kepada kepala BPSDM Kominfo yang telah berkenan sebagai pelaksana kegiatan pelatihan.

Yang menurut Asisten II Setda Bolmong, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan tersebut, dinilai sangat penting, terlebih saat ini dalam masa pandemic Covid-19, para pelaku UMKM harus mampu memasarkan hasil produk.

“Pelatihan ini sangat penting. Terlebih saat pendemi covid-19, perekonomian masyarakat mengalami penurunan drastis. Terutama di empat sector diantaranya pariwisata, perdagangan, manufaktur dan pertanian,” ucap Zainudin Paputungan.

Baca juga:   KKK Gelar 'Smokol Diplomasi' Bersama Duta Besar Djauhari Oratmangun

Lanjut Zainudin, meski pun begitu, prospek bisnis dimasa pandemic harus tetap meningkat, seperti bisnis online yang mencapai angka 400%, penjualan pulsa 1.000%, logistic meningkat 400% dan produk kesehatan serta kecantikan juga mengalami peningkatan 800%.

Sehingga lanjutnya lagi mengatakan, kegiatan pelatihan seperti yang sedang dilaksanakan itu, sangat penting dan strategis sebagai sarana dan wahana dalam rangka menghadapi era global dan milenial yang penuh kompetisi saat ini.

Bahkan dikatakannya lagi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi merupakan suau hal yang harus ada dan diikuti masyarakat modern saat ini, terutama dalam menghadapu era globalisasi dan revolusi industry 4.0.

Baca juga:   Lahan Subur dan Luas, Bupati Bolmong Salurkan Bantuan Bibit Jagung dan Padi

“Untuk membangun SDM yang unggul dan handal, Pemda Bolmong saat ini mendorong para pelaku UMKM, mau pun calon wirausaha agar selalu kreatif, inovatif dan produktif dan mampu memanfaaatkan perkembangan teknologi informasi distuasi pandemic covid-29.” Jalasnya.

(*/Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *