Memperingati Harkitnas ke-113, Diskominfo Bolmong Segera Tindaklanjuti Amanat Presiden

BOLMONG, manadozone.com — Turut serta bersama seluruh daerah se-Indonesia, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Kamis (20/05/2021) ikut memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-113, secara Virtual, yang bertempat di Pendopo Kantor Bupati.

Dalam rangkamemperingati Karkitnas ke-113, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Kominfo, selain menyatakan akan segera menindaklanjuti amanat yang disampaikan Presiden RI, Ir Hi Joko Widodo, serta akan membangun mengembangkan sebanyak 13 Aplikasi baik untuk kebutuhan administrasi Pemerintahan, mau pun untuk layanan public ke masyarakat.

Baca juga:   Arahan Tegas Kapolri di Rakernis Bareskrim Polri
Bupati-Sekda-dengar-amanat-presiden

 

Hal itu disampaikan Jenli Mongilong, Kepala Dinas Kominfo Bolmong. Dengan mengatakan di momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HKN) ke-113, Dinas Kominfo Bolmong akan membangun mengembangkan 13 aplikasi untuk kebutuhan administrasi pemerintahan mau pun untuk layanan public masyarakat.

“Aplikasi tersebut diantaranya, Pembuatan perpustakaan online dan sistem arsip digital, Membangun Aplikasi Pariwisata dan Potensi-potensi daerah yang terintegrasi berbasis Geographic Informating System (GIS), Sistem Informasi Dan Layanan Publik sampai di wilayah Desa dan Kecamatan dengan Memanfaatkan Infrastruktur TIK,” ucap Jenli Mongilong, Kadis Kominfo Bolmong.

memperingati-harkitnas-ke-113-secara-virtual

 

Baca juga:   Masa Reses, Tony Tumbelaka Serap Aspirasi Masyarakat

Lanjut Jenli, selain itu, Diskomfo Bolmong juga akan mengembangkan aplikasi lain diantaranya, untuk layanan Pencatatan Sipil serta pengurusan perizinan dan Pengembangan Aplikasi transaksi keuangan secara cashless dengan memanfaatkan Merchant serta lembaga keuangan lainnya seperti agen perbankan yang ada di Desa.

“Dalam membangun dan mengembangkan aplikasi Dinas Kominfo akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan dinas badan terkait,” tambah Jenli.

Bahkan lebih lanjut lagi dikatakannya, tindaklanjut atas amanat yang disampaikan Presiden RI Ir Hi Joko Widodo, dalam peluncuran literasi digital nasional, maka BPSDM Kemenkominfo Bersama Dinas Kominfo Bolmong akan melaksanakan pelatihan Digital Enterpreneurship Academy.

Baca juga:   Korengkeng Ingatkan Pentingnya Tata Naskah Dinas Dalam Birokrasi Pemerintahan

Untuk pelatihan Digital Enterprenuership, akan dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 8-9 Juni 2021 bertempat di Hotel Sutanraja.

“Akan melatih 50 pelaku usaha kecil dari seluruh wilayah bolaang mongondow untuk bisa memasarkan produknya secara online dalam platform e-commerce,” tambahnya lagi.

Lebih jelas lagi, Mongilong mengatakan, Terkait dengan Program nasional Digital Talent, saat ini staf Dinas Kominfo sudah mengikutsertakan sebanyak 9 orang dalam program Digitalent dengan spesifikasi keahlian Network engineering, cyber security, Decoding serta Smartcity dan lain-lain

(Zul)

Advertorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *