Walikota Senduk : Untuk Raih Kota Sehat Butuh Topangan Pemerintah dan Masyarakat

Berita Utama, Tomohon379 Dilihat

Manadozone||Tomohon – Bersama pihak terkait, Pemerintah Kota Tomohon bersiap dan berbenah dalam rangka verifikasi untuk Kota Sehat Swasti Saba Wistara III.

Akan hal ini, bertempat di ruang rapat Mal Pelayanan Publik, Selasa (4/5/2021) dilakukan rapat persiapan menghadirkan Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Kegiatan ini, dibuka Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Jusak ST Pandeirot SPd MM.

Dalam sambutannya, Pandeirot mengatakan, kota sehat adalah suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Baca juga:   Pemkot Tomohon Lakukan Penguatan Kapasitas Forum Anak Daerah

‘’Untuk memperoleh predikat kota sehat, tentunya butuh peran dari pemerintah, masyarakat dan stakeholder dengan lebih banyak peran masyarakat melalui forum yang difasilitasi oleh pemerintah kota,’’ katanya.

Kota Tomohon sendiri, sejak keikutsertaannya pada verifikasi Kota Sehat di Tahun 2013 langsung memperoleh penghargaan Swasti Saba Padapa. Kemudian, tahun 2015 Swasti Saba Wiwerda, tahun 2017 Swasti Saba Wistara, tahun 2019 Swasti Saba Wistara II dan tahun 2021 ini akan diverifikasi untuk Swasti Saba Wistara III.

Ada sejumlah tatanan yang menjadi bahan untuk diverifikasi. Semuanya berhubungan erat dengan satuan kerja perangkat daerah di Kota Tomohon.

Baca juga:   Rapat JRA, Lolowang Ingatkan Perangkat Daerah Jalani Tugas dan Fungsi Dengan Baik

Ketua TP-PKK Kota Tomohon Ny drg Jeand’arc Senduk-Karundeng yang hadir pada rapat tersebut berharap agar di tahun 2021 ini Kota Tomohon bisa meraih Swasti Saba Wistara III.

‘’Peran serta masyarakat dan semua instansi terkait sangat menentukan. Juga harus menunjukkan kepedulian pada lingkungan yang bersih, aman dan nyaman,’’ katanya.

Ketua Forum Kota Sehat Tomohon Erens D Kereh AMKL mengatakan, pihaknya juga sementara mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan nanti dalam verifikasi.

‘’Forum Kota Sehat, mulai dari pokja kelurahan, kecamatan dan pengurus forum kota terlibat aktif dalam mempersiapkan segala sesuatu untuk verifikasi,’’ ujar Kereh yang juga Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon.

Baca juga:   Raih Medali Perak di PON Papua, Walikota Apresiasi Toar Sompotan

Kegiatan ini, dihadiri Ketua Tim Pembina Kota Sehat Drs Daniel Pontonuwu yang juga Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), Sekretaris Pembina Kota Sehat dr Deesje Liuw MBiomed yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon serta perangkat daerah di jajaran pemerintah Kota Tomohon.

(Rdk/JP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *