by

Wawali Lumentut Harap Pembudidaya Ikan Sarang Nila Sebagai Pelaku Usaha Perikanan Berwawasan Teknologi

Manadozone||Tomohon – Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. menghadiri sekaligus mengukuhkan Kelompok Pembudidaya Ikan Sarang Nila Kelurahan Taratara Tiga, yang dilaksanakan di Persawahan Ketu Sarang Kelurahan Taratara Tiga Tomohon Barat. Kamis. (29/04/2021).

Mengawali sambutan, Wakil Walikota Wenny Lumentut, menyampaikan, slamat atas pengukuhan kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) sarang nila.

Hal ini, menurut Lumentut karena telah mendapatkan legalitas sebagai kelompok pembudidaya dalam kapasitas kemampuan kelas kelompok pemula.

Lumentut berharap, kelompok ini dapat mengemban amanah dalam pembudidayaan ikan sarang nila demi kesejahteraan pokdakan dan masyarakat yang ada di kelurahan taratara tiga dan kota tomohon pada umumnya.

Baca juga:   Kuda Besi Hilang Kontrol, Warga Leleko Tewas Tabrak Pembatas Jalan

Dijelaskan Lumentut, perikanan budidaya merupakan salah satu komponen yang penting di sektor perikanan. hal ini berkaitan dengan perannya dalam menopang persediaan pangan masyarakat, peningkatan pendapatan dan perluasan lapangan pekerjaan serta mendatangkan penerimaan negara dari ekspor.

Akan hal ini,  perikanan di indonesia khususnya Kota Tomohon tetap menjadi primadona dan sebagai tulang punggung perekonomian nasional maupun daerah. Ujar Lumentut.

Tetkait hal ini, lanjut Lumentut, pembangunan usaha perikanan selalu menjadi prioritas, termasuk Kota Tomohon yang menetapkan sektor ini sebagai salah satu sektor unggulan yang mendukung misi pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai sektor, dan dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan di Kota Tomohon. Oleh karena itu diperlukan keseriusan dan sumber daya manusia yang handal yaitu pelaku usaha perikanan dan penyuluh perikanan yang berkompeten untuk mengelola sumber daya alam bagi kesejahteraan.

Baca juga:   Jasa Raharja dan Polda Sulut Suksee Gelar Gerai Vaksin JRku

“Saya berharap agar kelompok pembudidaya ikan sarang nila ini benar-benar menjadi wadah bagi pelaku usaha perikanan untuk memperoleh wawasan luas mengenai perikanan dengan penguasaan teknologi, akses permodalan, pemasaran dan sebagainya. karena itu dalam meningkatkan usaha perikanan sangat dibutuhkan kerja sama yang baik dan komunikasi yang harmonis antar sesama anggota dan pengurus untuk meningkatkan sumber daya manusia dan peningkatan kesejahteraan para pekerja dan pelaku usaha perikanan..” kata Lumentut.

Hadir pada kegiatan ini, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP., Camat Tomohon Barat John Gigir, M.Pd., Lurah Taratara Tiga Jefry Loho, S.E., Ketua Pokdakan Sarang Nila Rolly Rares, Para Pengurus beserta Anggota yang hadir. (**/Rdk)

Baca juga:   Walikota Eman Ingatkan Terus Terkait Prokes

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed