Pansus DPRD LKPJ Bupati Tahun 2020 Panggil Seluruh OPD Bolmong

BOLMONG, manadozone.com — Panitia Khusus (Pansus) Laporan Pertanggungjawaban Bupati Bolmong yang dibentuk DPRD mulai melaksanakan tugasnya sejak Sabtu(24/4) dengan langsung memanggil setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Daerah (Pemda)

Sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dipanggil. Pada Minggu(25/4), Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Komunikasi dan Informatika serta beberapa Dinas/Badan lainnya dipanggil untuk dimintai keterangan terkait program dan kegiatan tahun anggaran 2020.

 

Menurut Ketua Pansus Yansen Mokoginta, pemanggilan pimpinan OPD telah dijadwalkan hingga Senin(26/4). Kerja Pansus dilakukan secara Maraton hingga pagi dini hari.

Baca juga:   Dukung Pelaksanaan G20 di Bali, Ketua MUI Sulut : Sebagai Solusi Kemajuan dan Perdamaian Dunia

 

Anggota Pansus Mas’ud Lauma memberikan saran dan masukan terkait pelayanan, salah satunya terkait dengan Dinas Sosial. Yang menurut Politisi Dapil Lolayan, ini, seharus ada masyarakat yang dikhususkan terutama masyarakat yang domisilinya jauh.

“Jangan ada upaya mempersulit pelayanan, Sementara itu, evaluasi bantuan yang bersifat bansos, dinilai masih baik. Keluhan-keluhan masyarakat,  disegerakan penyelesaiannya.” Tegas Mas’ud Lauma, Fraksi PDI-Perjuangan.

Hal lainnya pun ditanyakan Ketua Fraksi PKS, Mohamad Mokoagow, dengan menyentil persoalan anak yatim, anak terlantar dan penyandang disabilitas. Menurut dia, hanya lansia yang masuk usulan Musrenbang sementara lainnya tidak.

Baca juga:   Gubernur Sulut Janji Hadirkan Universitas Negeri di Bolmong

“Data yang dimiliki Dinas Sosial cukup banyak, sehingga penting untuk menjadi catatan agar diselesaikan tahun ini,” ucap Moch S Mokoagow, Fraksi PKS DPRD Bolmong.

Visi misi Bupati Bolmong juga menjadi perhatian DPRD Bolmong. Salah satu misi Bupati adalah mengentaskan kemiskinan. Untuk itu ada indikator pengentasan kemiskinan harus dicapai saran Pansus.

Pansus juga menyoal tentang data sudah berapa persen pengentasan kemiskinan dicapai Pemkab Bolmong hingga 2020.

Selain Dinsos, minggu malam itu Pansus DPRD Bolmong, juga memanggil Diskominfo untuk menerangkan penggunaan anggaran tahun 2020 yang mencapai Rp 9 miliar lebih. Angka ini merupakan jumlah yang digunakan setelah refocusing.

Baca juga:   Penghijauan Jadi Rangkaian Kegiatan HUT GMIM Wilayah Manado Timur IV

Untuk Diskominfo disoal tentang Visi Bolmong hebat. Dimana menurut Pansus, salah satu misi Diskominfo adalah bagaimana menginovasi serta transparasi penggunaan IT. Pada akhirnya visi menjadikan Kabupaten Bolaang Mongondow HEBAT.

(Zul)

Advertorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *