Astaga! Ada Oknum Penipu Catut Nama Parman Ginano

Astaga! Ada Oknum Penipu Catut Nama Parman Ginano
Gambar Ils/Ist

BOLMONG, manadozone.com — Apa saja bisa dilakukan oleh oknum penipu yang ingin memuluskan niat buruknya, meski pun itu harus dengan menggunakan nama seseorang agar apa yang diinginkan bisa terwujud dengan mencoba mengelabui beberapa pejabat teras yang ada di Lungkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong)

Tak tangung-tanggung yang menjadi korban nama yang dimanfaatkan adalah Parman Ginano, Kepala Dinas Perikanan yang baru dilantik sehari oleh Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, itu harus dicemarkan oleh oknum penipu yang tak bertanggung jawab, yang dinilai cukup merusak nama dari Parman Ginano, yang juga masih tercatat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.

Modus penipuan yang mengatasnamakan ParmanGinano, itu dimanfaatkan oknum penipu melalui sambungan telepon dan pesan. Oknum penipu yang tak bertanggung jawab ini mencoba mengelabuhi calon korbannya, dengan meminta untuk mengirimkan sejumlah uang.

Dari bebrapa informasi yang didapat, pelaku sebelumnya mengirim pesan kepada calon korbannya atas nama Sukmin Damogalad, Kasubag Program Keuangan dan Pelaporan Dinas Perikanan Bolmong, dengan menggunakan nomor kontak 082336746606.

Baca juga:   Pemkot Tomohon Gelar Apel Peringati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2017

Dan untuk memuluskan modus penipuan tersebut, pelaku mengaku kepada Sukmin seolah sebagai pemberitahuan bahwa itu adalah nomor kontak Kadis Perikanan yang baru atas nama Parman Ginano. Kemudian sang penipu itu pun menelepon Sukmin dan meminta uang.

Tak percaya dengan hal tersebut, Sukmin pun merekam percakapannya dengan sang penpu. Setelah melakukan diplomasi melalui ponsel yang langsung direkam, Sukmin pun kemudian,  mencoba lakukan upaya knfirmasi guna mengetahui kebenaran dengan menghubungi Supriadi Agantu Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil di Dinas Perikanan, yang sudah kenal akrab dengan Kadis Perikanan Bolmong yang baru.

Untuk meyakinkan Sukmin, siapa orang dibalik telepon tersebut, Supriadi Agantu, mengatakan bahwa itu bukanlah suara milik Parman Ginano, Kepala Dinas Perikanan yang baru dilantik. Juga mengatakan itu adalah upaya penipuan yang sedang dilakukan oknum tak bertanggung jawab.

Baca juga:   Usai Penetapan APBD-P 2020, Komisi III DPRD Bolmut Agendakan Monev Proyek

Kepada wartawan, Sukmin menyampaikan kronologi pembicaran anatara dirinya dengan sang penipu, mulai dari aksi mengatasnamakan Kadis Perikanan Parman Ginano, juga meminta uang, serta meminta nomor telp Bendahara Dinas Perikanan, hingga menyampaikan sebagai Anggota BPK.

“Iya, saya ditelepon oleh oknum tak dikenal mengatasnamakan Kepala Dinas Parman Ginano. Pelaku meminta uang, dan nomor bendahara Dinas Perikanan. Setalah saya konfirmasi ke Bendahara, pelaku juga mengaku sebagai anggota BPK, dan meminta nomor kontak Bendahara Dinas Perikanan dan Bendahara Bappeda. Mungkin saat ini mereka sementara menjalankan aksi penipuan mereka,” kata Sukmin.

Guna mencegah agar tidak ada yang tertipu dari oknum tak bertanggung jawab, Parman Ginano, Kepala Dinas Perikanan yang baru dilantik itu pun menyampaikan bahwa namanya benar sedang digunakan oleh Sang penipu untuk memuluskan aksi tak terpuji yang sengaja ingin merusak nama baiknya.

Baca juga:   Polwan Ikut Dampingi Parade Sulut Hebat Cinta Damai 191019 Dukung Pelantikan Presiden

“Kepada rekan-rekan pejabat yang baru dilantik, kiranya dapat mengantisipasi oknum yang berencana menipu kepada staf di kantor masing-masing. Karena hari ini, ada seseorang yang mengaku Kepala Dinas Perikanan menghubungi stafnya meminta uang dan menanyakan kegiatan di Kantor Dinas Perikanan,” kata Parman.

Bahkan Parman, pun mengimbau, kepada seluruh pegawai yang ada di Kabupaten Bolmong agar tidak mudah percaya bila ada yang mencoba menelepon dan meningirim pesan seperti kejadian yang dialami stafnya di Dinas Perikanan, untuk tidak ditanggapi.

“Saya khawatir kalau ada yang berhasil ditipu, karena sebelumnya sudah ada kejadian seperti ini, dan staf terlanjur mentransfer uang,” tutupnya.

Seperti diketahui, Parman Ginano baru dilantik sebagai Kadis Perikanan, oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow Kamis, (01/04/2021) dengan mengambil sumpah pejabat eselon II, III dan IV di jajaran Pemerintahan Kabupaten (Pemkab).

(*Zul)

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply