by

Penerima Bantuan Beras Tahap IV Mulai Dirampungkan

BOLMONG, manadozone.com — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Ketahanan Pangan, menyatakan saat ini tengah meraampungkan jumlah penerima bantuan tahap IV yang akan segera disalurkan ke masyarakat terdampak pandemic Corona Virus Disease 2019 Covid-19.

Hal tersebut dikatakan I Nyoman Sukra, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bolmong. Dengan mengatakan pihaknya telah merampungkan jumlah penerima. Yang selanjutnya, tinggal menunggu selesainya proses pengadaan beras dan sejumlah bantuan sosial lainnya.

“Kalau proses pengadaannya selesai, kita langsung akan menyalurkannya. Kita upayakan dalam minggu depan,” tambah Sukra.

Baca juga:   Kota Tomohon Raih Penghargaan Sertifikat Eliminasi Malaria dari Kemenkes RI

Lanjut I Nyoman Sukra, Pemda Bolmong menyesuaikan dengan bantuan yang diberikan dari Pemerintah Pusat, baik itu Bantuan Langsung Tunai dan Bantuan Sosial Tunai. Namun jumlah Penerima itu ditambah.

“Nah, di tahap empat nominal jumlahnya berubah dari Rp600.000 ke Rp300.000. Sehingga, jumlah beras yang diterima pun kita sesuaikan. Tetapi, kita menambah jumlah penerimanya sebanyak 800 KK,” ungkap Sukra.

Lebih lanjut lagi, Sukra menjelaskan, seperti yang diketahui, awal penataan, besaran bantuan bahan pangan ini menyesuaikan dengan pusat sebesar Rp600.000. Dan hal itu dilakukan guna keadilan bagi seluruh penerima.

Baca juga:   Sambut Perayaan Idul Adha 1442 H, Kapolres Kotamobagu: Maknai Ketauladan Nabi Ibrahim AS

“Kan BLT dan BST Rp600.000, oleh karena itu penerima lainnya seperti BPNT kita subsidi supaya besarannya sama. Tapi untuk tahap empat sudah berubah, dan kita juga menyesuaikan,” jelas Sukra.

Hal serupa juga disampaikan Abdul Haris Bambela, Kepala Dinas Sosial Bolmong, Dengan mengatakan perubahan besaran tersebut, berdampak juga pada anggaran yang difokuskan untuk bantuan pangan.

Oleh karena itu, Lanjut Bambela, Pemkab Bolmong berinisiatif untuk menambah jumlah penerima sebanyak 800 Kepala Keluarga (KK), yang berdasarkan juga usulan dari desa, masyarakat yang dinilai tidak mampu dan belum terakomodir.

Baca juga:   Rapat Pusat DPP Partai Golkar, Pilgub Sulut 2020 Sehan Landjar Dampingi Tetty Paruntu

“Penambahan 800 KK ini adalah masyarakat tidak mampu yang blum terakomodir sama skali bantuan. Nantinya, mereka akan diakomodir mulai dari penyaluran tahap empat hingga bulan Desember nanti,” ungkap Bambela.

Dengan bertambahnya 800 KK tersebut, total penerima bantuan telah mencapai angka 9170 KK. Sementara, untuk proses penyaluran tahap IV ini masih akan dilakukan pemantapan oleh lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Untuk penyalurannya, kita targetkan pada akhir bulan Juli ini. Apalagi, untuk bantuan tahap tiga juga kan baru disalurkan,” terang Abdul Haris Bambela, Kadis Sosial Bolmong.

(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed