by

DID Hampir 15 Miliar, Pemda Bolmong Prioritaskan Pemulihan Ekonomi

BOLMONG, manadozone.com — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dapat Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 14.940.590.000 Miliar dari Pemerintah Pusat, yang dinilai karena Daerah yang dipimpin Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, tepat waktu dalam penyampaian laporan penangan Covid-19 termasuk penyesuaian APBD Tahun 2020.

Dikatakan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong, selain mengungkapkan rasa terima kasih karena bisa menyampaikan laporan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan juga penyesuaian APBD Tahun 2020. Dana Insentif Daerah tersebut akan diprioritaskan untuk pemulihan ekonomi.

Baca juga:   Wenny Lumentut Peduli, Berbagi Kasih dengan Pejuang Informasi Liputan Tomohon

“DID yang diberikan karena Pemkab Bolmong telah sesuai dengan ketentuan Pemerintah Pusat, sehingga diberikan reward,” ucap Rio Lombone, Kepala BKD Bolmong.

Lanjut Rio, Dana Insentif Daerah (DID) yang diberikan Pemerintah Pusat ke Pemda Bolmong, itu akan diprioritaskan pada pemulihan ekonomi, termasuk juga untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan penanganan Covid-19, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan, Permenkeu Nomor 87/PMK.07/2020 Tentang Pengelolaan DID Tambahan Tahun Anggaran 2020.

“Dana ini akan diprioritaskan untuk mendorong pemulihan ekonomi termasuk didalamnya, koperasi, UKM dan penanganan Covid-19, sebagaimana diatur dalam Permenkeu Nomor 87/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan DID Tambahan Tahun Anggaran 2020,” tambah Rio Lombone, Kepala BKD Bolmong.

Baca juga:   Walikota Eman Serahkan Hadiah Lomba Hapsa PKB Wilayah Tomohon I

Lanjutnya lagi menjelaskan, DID yang diperoleh Pemkab Bolmong itu karena permintaan pemerintah untuk mengembalikan sebagian dana transfer daerah segera dilakukan. Dan, tidak tanggung-tanggung Rp 163 Miliar dana pembangunan infrastruktur digeser untuk penanganan Covid-19.

Disamping itu, permintaan pelaporan penanganan Covid-19 juga cepat dilaporkan pemerintah kabupaten.

Saat ini, penyaluran bantuan sosial tahap ketiga bagi masyarakat Bolmong yang terdampak Covid-19 telah selesai disalurkan. Pemkab sendiri telah menganggarkan bantuan selama sembilan bulan hingga bulan Desember 2020.

(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed