Pemda Bolmong Rencana Gelar Seleksi Jabatan Eselon II di Bulan Oktober

BOLMONG, manadozone.com — Untuk kebutuhan dalam organisasi birokrasi, mutasi atau rolling, bahkan seleksi jabatan yang adalah sebuah proses menentukan dari kelompok pelamar mencari orang yang dinilai paling sesuai untuk menduduki posisi tertentu adalah hal yang biasa terjadi dalam menjalankan dan memaksimalkan roda pemerintahan.

Dan untuk mewujudkan suatu peyelegaraan manajemen pembangunan yang solid dan bertanggung jawab, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) rencana akan menggelar seleksi terbuka untuk 12 jabatan eselon II (Dua)

Sebab, dilingkup Pemda Bolmong, yang dipimpin Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, itu ada sekitar 12 jabatan yang diisi oleh pejabat dengan status Pelaksana Tugas (Plt). Untuk itu, dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan pelatihan (BKPP) menyampaikan diperlukan adanya penyegaran.

Baca juga:   Buka MTQ Ke Vl, Bupati Bolmut Titip Pesan Bermanfaat Bagi Qori’ dan Qori’ah

“Butuh penyegaran untuk memaksimalkan program dan kegiatan pemerintah dalam rangka pelayanan kepada masyarakat,” ucap Ummarudin Amba, Kepala BKPP Bolmong.

Lanjut Amba, untuk melakukan seleksi tersebut pun, sudah memiliki rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Namun prose situ masih tertunda dengan adanya pandemic Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

“Seleksi terbukanya masih kita tunda. Karena anggaran untuk seleksi terbuka ini digeser untuk penanganan Covid-19. Nanti akan kita lihat di APBD Perubahan, kalau ada anggaran maka pada bulan Oktober akan kita langsungkan seleksi terbuka,” ungkap Umarudin.

Lanjutnya lagi dikatakan Umarudin, saat ini Pemkab Bolmong mengambil langkah mengisi pejabat eselon II dengan status Pelaksana Tugas (Plt) yang dinilai masih sesuai dengan regulasi, untuk pengisian jabatan kosong bisa dilakukan dengan pejabat Plt.

Baca juga:   Aktualisasi KKK Satu Lewat Akta Notaris

“Kalau definitif kan harus melalui seleksi terbuka. Nah, seperti jabatan Kepala BPBD dan Kepala Badan Kesbangpol pejabat sebelumnya kan masuk pensiun, maka bisa diisi oleh pejabat dengan status Plt. Jabatan-jabatan itu juga nantinya akan dilelang,” terang Umarudin Amba, Kepala BKPP Bolmong.

Sebelumnya, Pemkab Bolmong menggelar mutasi jabatan sejumlah pejabat struktural di lingkungan Pemkab Bolmong, Rabu (15/7). Pelantikan yang dipimpin oleh Asisten III Pemkab Bolmong Ashari Sugeha tersebut meliputi jabatan eselon III dan IV. Ada juga yang diberikan Surat Tugas untuk menjabat posisi Camat Dumoga dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Baca juga:   Hadiri Rapat Paripurna DPRD Walikota Senduk Sampaikan LKPJ Walikota Tomohon T.A 2022

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji itu berdasarkan SK Bupati Nomor : 821.2/B.03/BKPP/SK/03/2020 tentang mutasi jabatan pejabat struktural di lingkungan Pemkab Bolmong dengan menerapkan protokoler kesehatan. Ashari Sugeha saat membacakan sambutan Bupati mengatakan, momentum ini menjadi semangat baru bagi kita semua, dalam menata aktivitas Pemkab Bolmong ke arah yang lebih baik lagi.

“Selamat bertugas dan selamat berkarya kepada ibu-bapak pejabat struktural yang baru saja dilantik. Dengan harapan kiranya amanah dan kepercayaan yang diberikan dapat dijalankan dengan penuh perhatian, komitmen, loyalitas serta tanggungjawab yang tinggi,” kata Ashari saat membacakan sambutan

(*)