by

Investasi KIMONG, Kualifikasi Pendidikan Tenaga Kerja Diperkuat

BOLMONG, manadozone.com — Upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) untuk menghadirkan Kawasan Industri Mongondow (KIMONG) nampak kian pasti dan bakal menyerap puluhan ribu tenaga kerja, yang antaranya diperkirakan sebanyak 75% pekerja lokal.

Namun, perusahaan yang hadir juga diperkirakan memiliki standar tersendiri dalam penerapan aturan yang ada. Satu diantaranya adalah kualifikasi pendidikan tenaga kerja. Untuk itu diharapkan pelamar dapat memperkuat kualifikasi pendidikan sejak sekarang menuju investasi KIMONG.

Sebab, Setiap perusahaan pasti memiliki peraturannya masing-masing. Selain Kekuatan hukum hanya bisa diikat melalui Undang-undang Ketenaga Kerjaan. Terkait dengan rekruitmen tenaga kerja lokal nantinya, menjadi salah satu pertimbangan daerah yang harus dipegang kuat untuk tetap diberdayaan sesuai dengan kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong dengan pihak perusahaan.

Baca juga:   Kapolres Minahasa Lakukan Rotasi di Sejumlah Polsek

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Ramlah Mokodongan, mengatakan pihak pemerintah tidak memiliki kewenangan untuk mengatur secara langsung terkait dengan rekruitmen tenaga kerja nanti. Terlebih lagi, membuat sebuah kesepakatan yang harus tertuaang dalam Momerandum of Understanding (MoU)

“Perusahaan itu tidak bisa melakukan MoU dengan pemerintah terkait dengan tenaga kerja. Mereka memiliki aturan sendiri dalam rekruitmen tenaga kerja yang dibutuhkan. Acuan mereka undang-undang tenaga kerja,” kata Ramlah, Kamis (09/07/2020).

Dalam ketentuan kata dia, pihak perusahaan harus memberikan peluang kepada tenaga kerja lokal. Sesuai dengan penetapannya, 75 persen dari jumlah keseluruhan karyawan yang dibutuhkan harus warga lokal.

Baca juga:   Esok, Kapolda Sulut Rencana Kunker ke Polres Kotamobagu

“Untuk tahap awalnya, kemungkinan besar masih didahului dengan tenaga-tenaga ahli dari luar. Kemudian menyusul dari lokal kita,” tuturnya.

Tiga desa di Kecamatan Lolak sebagai central KIMONG, prioritas utama perusahaan dalam rekruitmen nanti.

“Tentunya prioritas yang tiga desa masuk Kawasan itu. Perusahaan harus menyediakan tempat kerja bagi mereka yang tinggal di desa tersebut,” tegas dia.

Sesuai dengan penyampaian Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, masuknya KIMONG di Bolmong akan menyerap tenaga kerja kurang lebih 33 ribu orang. Peluang itu tentunyamilik putra-putri daerah asal Bolmong

Baca juga:   Diterima Walikota Eman, Tim BPK Lakukan Entry Briefieng Terkait LKPD T/A 2018

(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed