by

Masa Pandemi Covid-19, Nilai Investasi di Bolmong Menurun

BOLMONG, manadozone.com — Berbeda pada tahun 2019 sebelumnya, Nilai Investasi di Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow untuk tahun 2020, mengalami penurunan di masa pandemic Corona Virus Disease (Covid)

Penurunan nilai investasi di Bolmong, berdasarkan data dari Dinas Penananam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP). Bahwa pengurusan ijin sejak januari hingga juni tahun 2020, melalui Aplikasi Online Single Submission (OSS) hanya sebanyak 88 ijin.

“Kalau tahun 2019 kemarin, pengurusan ijin tercatat di aplikasi OSS mencapai 1.043. Jadi turun,” ungkap Fyfiannie Ismayanti Soepredjo, melalui Han Potabuga, Kepala Bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Rabu (24/06/2020)

Baca juga:   OPD Bolmong Mulai Verifikasi Usulan Masuk dalam Musrenbang Kecamatan

Dengan berkurangnya pengurusan ijin, lanjut Han, itu juga salah satu indicator yang mengakibatkan turunya investasi di daerah Bolmong yang terkenal kaya akan sumber daya alam.

“Apa lagi di masa pandemi Covid-19, DPM-PTSP hanya mengurus 10 izin dalam sebulan, sedangkan di tahun 2019 lalu pengurusan izin di DPM-PTSP mencapai 50-an izin per bulan. Untuk saat ini, investasi yang masuk hanya di bidang pertanian dan perdagangan,” jelasnya.

Tambahnya, meskipun investasi asing belum masuk Bolmong, namun dirinya tetap optimis bahwa Bolmong mempunyai daya tarik yang kuat untuk memasukan menarik investor asing.

Baca juga:   Jayapura Alami Musibah, ROR-RD Kirim Bantuan Rp300 jt

“Kami optimis walaupun masih dilanda wabah Covid-19, mudah-mudahan keadaan ini akan kembali normal,” tutupnya

(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed