by

Manageman RSUDB dan Tim Kuasa Hukum Pemda Bolmong Lapor IN ke Polisi

BOLMONG, manadozone.com — Diduga menyebarkan informasi yang tidak benar, Manageman Rumah Sakit Umum Datoe Binangkang (RSUDB) dan Tim Kuasa Hukum Pemda Bolmong, jumat (19/06/2020) melaporkan seorang pria Insial IN alias Ib, ke Polisi.

Dihadapan penyidik, Dirut RSUDB Bolmong, Debby Kulo, melaporkan IN alias Ib, yang diduga menyebarkan informasi tidak benar, atau fitnah melalui salah satu media online, yang disebarkan ke media social Facebook.

IN diduga kala itu melakukan perekaman video dan mengambil gambar secara diam-diam, di ruangan penanganan medis lingkungan rumah sakit. Padahal, pihak rumah sakit melarang melakukan aktivitas demikian karena melanggar privasi pasien.

Dalam surat keterangan itu, dr Debby Cintia Dewi Kulo sebagai Direktur Utama RSUD Datoe Binangkang, menyampaikan dirinya melaporkan IN karena diduga juga telah melakukan pelanggaran sesuai Undang-Undang No 19/2016 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Baca juga:   Launching Gerakan Nasional Lingkaran Program Diakonia di Tomohon berlangsung Sukses dan meriah

Pernyataan dr Debby Cintia Dewi Kulo, Dirut RSUDB ini diperkuat dengan tim kuasa hukum Pemkab Bolmong, lewat Kasubag Bantuan Hukum dan HAM Setdakab Bolmong Adrian F Oday, SH, MH. Dengan mengatakan, bahwa Tim Medis telah mengingatkan perbuatan keluarga pasien tersebut karena  mengganggu tindakan medis yang sedang diambil. Bahkan, saat itu diketahui IN sedang mengambil rekaman video secara diam-diam tanpa izin.

“Perbuatan IN tersebut, membuat salah satu dokter jaga refleks memgambil telepon genggamnya dan menegur untuk tidak mengambil rekaman di area IGD, ada juga keluarga pasien yang turut menegur tindakan tersebut sehingga rekaman videonya kemudian dihapus atas persetujuan IN,” urai Adrian.

Sementara itu, kepada wartawan, Waka Polres Bolmong, Kompol Syaiful Wachid SIK, membenarkan adanya laporan tersebut, yang melalui Polsek Lolak, dengan nomor: TBL/64/VI/2020/Sek – Lolak.

Baca juga:   Kapolri Perintahkan Polisi Humanis Sikapi Warga Sampaikan Aspirasi

Dikatakan Waka Polres Bolmong, alumni Akpol 2005, sebagai pelayan, pengayom masyarakat, Polisi wajib menindaklanjuti setiap laporan atau pun pengaduan dari masyarakat. Sebab hal tersebut merupakan bagian pelayanan prima yang harus dilakukan.

“LP yang sudah diterima akan di tindak lanjuti secara normatif prosedural sesuai mekanisme penyidikan yang berlaku,” kata Waka Polres Bolmong, Kompol Syaiful Wachid SIK.

Lanjut Syaiful, Sesuai tupoksi Polri sebagai pelayan pelindung pengayom masyarakat. LP yngg sudah diterima itu juga dipastikan penyidikannya akan dilakukan secara profesional, proporsional, transparan dan akuntabel.

“Dipastikan penyidikan akan dilakukan secara professional, proporsional, transparan dan akuntabel.” Jelas Waka Polres Bolmong, Kompol Syaiful Wachid SIK.

Perlu diketahui, Sekitar pukul 19.30 wita pasien masuk ke IGD dengan keluhan tidak bisa buang air kecil, dan  Pasien  itu di dampingi oleh 4 orang keluarga. Tim medis pun sedang melakukan tindakan. Namun salah satu orang yang datang, mengaku keluarga korban sembari mengajak diskusi tim medis dan menanyakan kegiatan tim gugus tugas Covid-19.

Baca juga:   Pelaksanaan Musrenbang Kelurahan Kakaskasen Tiga Kecamatan Tomohon Utara 2017

Namun saat tim medis sedang dalam penindakan medis, telah menyampaikan bahwa yang bisa berada di ruang IGD hanyalah Tim medis, tapi yang bersangkutan IN alias Ib tetap ngotot untuk bertanya.

Alhasil Tim medis pun mengingatkan perbuatan keluarga pasien tersebut  karena  dinilai mengganggu tindakan medis yang sedang diambil. Dan pada saat itu juga, baru diketahui yang bersangkutan ternyata sedang mengambil rekaman video tanpa izin, serta tidak memperkenalkan diri sebagai anggota LSM atau Wartawan. Padahal telah terpampang jelas pengumuman bahwa di wilayah IGD dilarang untuk mengambil foto/video karena bertentangan dengan ketentuan yang berlaku diantaranya UU nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

(Zul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed