Cegah Membludaknya Pengunjung, Pemkab Minahasa Oprasikan Pasar 6 Hari

Tondano || Manadozone.com-Berdasarkan hasil evaluasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa pada pengoperasian seluruh pasar di kabupaten Minahasa yang sebelumnya dibatasi, maka pemkab memutuskan untuk semua pasar di Minahasa dapat beroperasi 6 hari dalam seminggu (mulai senin sampai sabtu). Terhitung mulai hari ini, Senin (8/6).

Keputusan tersebut disampaikan langsung Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring melalui Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Ir Wenny Talumewo.

Beliau mengatakan mulai hari ini, pembukaan pasar setiap hari sudah diterapkan di dua pasar besar di kabupaten Minahasa. “Hari ini sudah ada dua pasar yang mulai buka tiap hari, tentunya dengan menerapkan protokol COVID-19 di Minahasa,” ucap Talumewo.

Baca juga:   Polisi Amankan Terduga Pelaku Pembunuhan di Ratatotok Mitra

Lanjutnya lagi, dibukanya operasional pasar setiap hari bertujuan untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung pasar yang akan berbelanja, demi menghindari penularan COVID-19. “Kita menerapkan nomor ganjil genap. Artinya, nomor ruko atau lapak dengan nomor ganjil akan beraktifitas hari pertama, lalu dilanjutkan nomor genap hari kedua dan seterusnya, tapi untuk Minggu libur atau tutup,” tambahnya.

Selain itu, Talumewo berpesan kepada masyarakat yang akan beraktivitas di pasar baik pembeli maupun pedagang agar selalu memperhatikan social dan physical distancing secara ketat seperti, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga kebersihan, serta mentaati semua himbauan dari pemerintah. “Kami juga menghimbau masyarakat agar jangan berlama-lama di pasar. Rencanakan untuk membeli kebutuhan apa yang perlu untuk dibeli dan bagi yang sakit untuk tidak pergi ke pasar. Itu semua dianjurkan untuk memutus mata rantai penyebaran virus,” jelasnya.

Baca juga:   Wawali Lumentut Ajak Semua Elemen Lestarikan Kota Tomohon Sebagai Kota Pendidikan dan Religius

“Pemerintah akan terus memonitor dan selalu mengingatkan masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang ada dan akan diupayakan penanganannya agar lebih teratur,” tandasnya sembari menambahkan bila dalam waktu dekat akan dilakukan rapid test kepada setiap pedagang yang ada di pasar-pasar yang ada di kabupaten Minahasa.

(ToarS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *