Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Dinkes Bolmong Sasar Tempat Umum

BOLMONG, manadozone.com — Guna mencegah terjadinya penyebaran Corona Virus Disease 19 (Covd-19), selasa (24/03/2020) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolmong, melalui Dinas Kesehatan, sasar tempat keramaian, pertemuan umum melakukan sosialisasi terkait bahaya serta penanganan pandemik Covid-19.

Hal tersebut disampaikan dr Erman Paputungan, Kepala Dinas Kesehatan Bolmong, kepada wartawan, via ponsel selular. Dengan mengatakan langkah tersebut penting dilakukan guna memutus mata rantai terjadinya penyebaran Covid-19.

“Saat ini kami lakukan penyemprotan dissinfektan di seluruh Kecamatan yang ada di Bolaang Mongondow, kami menyasar tempat pertemuan umum seperti kantor, dan rumah ibadah sembari memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya serta penanganan pandemik Covid 19 yang saat ini menyerang,” kata dr Erman Paputungan, Kadis Kesehatan Bolmong.

Baca juga:   Korengkeng: Pelatihan Penanganan Kemiskinan Sangat Penting Tentukan Kemiskinan di Minahasa

Selain melaksanakan sosialisasi, Lanjut Kadis Kesehatan Bolmong, dirinya menghimbau agar masyarakat tidak panik, serta mengurangi aktifitas yang dinilai tidak penting, yang sebaiknya berdiam di rumah.
Bahkan selain memberikan himbauan untuk kurangi bepergian keluar rumah yang dinilai tidak penting dan bermanfaat, dr Erman Paputungan, juga menyampaikan pentingnya menerapkan pola hidup sehat.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat berdiam diri dirumah, jangan panik, kurangi aktivitas yang tidak perlu serta terus menerapkan pola hidup sehat, cuci tangan yang benar dan jangan lupa jaga jarak (Social distancing). Biarkan kami bekerja untuk kalian dan kalian tetaplah dirumah untuk Indonesia.” Terang dr Erman Paputungan, Kadis Kesehatan Bolmong.

Baca juga:   Walikota Senduk Lantik Lumopa dan Karinda Sebagai Kadinkes dan Kadis DP3A Kota Tomohon

Hal serupa juga dikatakan Yusuf Detu, Kepala Bidang P2 Dinkes Bolmong, selain dengan sosialisasi, Dinas Kesehatan Bolmong, juga melakukan pendataan warga, yang bepergian atau pun, kembali dari luar daerah.

“Berbagai macam pencegahan dilakukan, baik dengan penyemprotan disinfektan ditempat umum, tempat ibadah. Kita juga melakukan pendataan warga, yang bepergian atau kembali dari bepergian dengan langsung memeriksa kondisi kesehatan warga itu.” Singkat Yusuf Detu, Kabid P2 Dinas Kesehatan Bolmong.

Perlu diketahui juga, guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, juga telah memerintahkan Kepala Bagian Keuangan, untuk menyiapkan anggaran tak terbatas tangani pandemik Virus Corona.

Baca juga:   Pemda Bolmong Rencana Gelar Seleksi Jabatan Eselon II di Bulan Oktober

(Zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *