Bangun ‘Kimong’ Bakal Serap Puluhan Ribu Pekerja Bolaang Mongondow

BOLMONG, manadozone.com — Untuk mensejahterakan dan memberdayakan masyarakat, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow, akan membangun Kawasan Industri Mongondow (Kimong)

Dikatakan Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Gubernur Sulawesi Utara. Rencana pembangunan ‘Kimong’ tersebut dipastikan bakal menyerap puluhan ribu tenaga pekerja lokal yang ada di Bolmong khususnya dan Bolaang Mongondow Raya umumnya.

“95 persen tenaga kerja berasal dari wilayah Bolmong Raya, Itu sudah kesepakatan kami dengan investor,” kata Bupati Bolmong, Dra Hj Yasti S Mokoagow. Belum lama ini.

Baca juga:   Politsi Gerindra Sulut Dukung Puan Maharani Presiden

Lanjut Bupati Bolmong, untuk rencana lahan pembangunan Kawasan Industri Mongondow (Kimong) Pemda Bolmong, melalui Pemerintah Provinsi Sulut, telah menyiapkan lahan seluas 2.000 hektare.

“Lahan 2.000 hektar tanah sudah disiapkan. Saat ini dokumen administrasi kelengkapan surat sedang diurus,” tambah Bupati Bolmong, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow.

Hal serupa juga dikatakan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE, bahwa rencana pembangunan Kawasan Industri Mongondow, seharusnya sudah dicanangkan. Namun karena ada halangan dengan kasus nasional virus corona, sehingga pencanangan tertunda.

“Sebenarnya sudah akan dicanangkan. Hanya karana ada ini virus corona, maka tertunda. Tapi kelengkapan surat-surat sudah dibikin.

Baca juga:   KTT G20 Berjalan Lancar, Polri Ucapkan Terima Kasih ke Masyarakat, Wisatawan hingga Pecalang

Seperti diketahui, Pemerintah Sulut, telah membagi berbagai wilayah, yang diantaranya untuk  Kawasan Ekonomi Khusus itu berada di Kota Bitung, untuk Kawasan Pariwisata, itu berada di Kabupaten Minahasa Utara. Dan untuk Kawasan Industri Khusus berada di Bolaang Mongondow.

(Zul)